oleh

Misteri Dibalik Sejarah Benteng Fort Rotterdam

-Aneka-2.083 views

MAKASSAR | Jika anda sedang berkunjung atau berada di kota Makassar, tidak lengkap jika anda tidak berkunjung ke wisata sejarah benteng Fort Rotterdam yang terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulogading, Kota Makassar.

Benteng ini merupakan peninggalan zaman kerajaan Gowa-Tallo dan dibangun pada tahun 1545 masehi. Fort Rotterdam adalah saksi perjuangan rakyat kota daeng dalam melawan penjajahan Belanda.

Benteng Fort Rotterdam juga dijuluki sebagai benteng Pannyua atau penyu. Julukan ini disematkan karena benteng Fort Rotterdam terlihat seperti penyu jika dilihat dari ketinggian.

Meskipun benteng Penyu ini menjadi simbol kokoh perjuangan rakyat Makassar, benteng ini dikenal juga dengan sisi mistiknya.

Hal ini dimulai sejak masyarakat meyakini bahwa dahulu ketika penyerangan terjadi di tempat ini, banyak sekali mayat Belanda yang ditemukan di dalam benteng tersebut. Wajar saja bila banyak pengunjung melihat penampakan orang Belanda pada beberapa titik di benteng tersebut, khususnya di malam jumat, seperti dikutip dari laman Hello-PET.com

Dikabarkan bahwa salah seorang pengunjung bahkan mengaku sempat melihat tentara Belanda yang berjalan di atas benteng dengan dada berlumuran darah.

Meskipun demikian, benteng ini juga kerap dijadikan tempat event – event besar seperti Makassar International Writer Festival (MIWF), Pesta Komunitas Makassar (PKM), dan beberapa event lainnya.(Bamg O)

Komentar

News Feed