oleh

Ini Penyebab Konferensi Tandingan IMF-WB Digagalkan

-Nasional-955 views

BALI | Gerakan Rakyat Menentang (GRM) IMF-WB gencar mengkampanyekan penolakan. Hal itu dilakukan dengan menggelar konferensi tandingan bernama Global People Conference (GPC).

Koferensi GPC adalah pertemuan untuk membahas persoalan IMF-WB. GPC sendiri beranggotakan ormas dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Namun pertemuan GPC mendapat kendala karena dihalangi oleh pihak kepolisian Bali.

Sempat mengagendakan pertemuan di aula gedung RRI Bali namun dibatalkan, begitu juga di hotel Nirmala. Pertemuan ini dibatalkan atas dasar surat edaran No: B/8012/IX/YAN.2.12/2018/Dit Intelkam. yang dikeluarkan oleh POLDA Bali.

Menyikapi hal tersebut, GPC merespon dengan aksi demonstrasi di jalan Hayam Wuruk dan menyasar konsulat Amerika Serikat (AS) pada Jumat, (12/10/2018).

Rudi selaku ketua Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) yang juga juru bicara GRM menyampaikan keresahan rakyat dunia atas kelicikan yang dilakukan IMF-WB.

“IMF-WB sudah tidak dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Mereka adalah skema licik Amerika Serikat untuk menipu masyarakat dunia. IMF-WB adalah alat bagi AS untuk membelenggu masyarakat dunia lewat tiga instrumen pokoknya, deregulasi, privatisasi, dan liberalisasi,” ujar Rudi sebagaimana dikutip pada laman tribunbali.com.

Lebih lanjut Rudi menyampaikan bahwa forum GPC yang dilaksanakan ARM IMF-WB bukan untuk membatalkan pertemuan IMF-WB, melainkan untuk rembuk.

“Kami hanya ingin membahas program-program IMF dan World Bank. Kami hanya melakukan rembuk untuk mengevaluasi dampak yang ditimbulkan dua instansi dunia tersebut menurut pandangan rakyat,” ujar Rudi dalam orasinya.

Aksi ini diikuti ratusan massa yang terus meneriakkan yel-yel di sela-sela orasi. Aksi ini juga dikawal ketat pihak kepolisian bali dengan menutup jalan menggunakan pagar kawat dan mobil polisi.

Komentar

News Feed