oleh

Ini Dia 5 Kopi Aneh Di Dunia

-Aneka-758 views

Matarakyatmu.com | Secangkir kopi sangat baik untuk memulai hari yang panjang dan melelahkan. Ngopi sudah menjadi trend  tersendiri bagi masyarakat. Bukan hanya orang tua saja yang menikmati kopi, tapi dikalangan anak muda pun sudah melekat dengan gaya hidup.

Hal ini ditandai dengan menjamurnya warkop dan café di sejumlah tempat di Indonesia. Mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas memiliki tempat tongkrongan tersendiri untuk sekadar menikmati racikan kopi hingga beralih keperbicangan bisnis.

Selama berabad – abad biji kecil nan pahit ini telah mengalami banyak eksperimen. Ada yang berhasil membawa aroma dan rasa yang menakjubkan dan ada yang akhirnya hanya menjadi hal aneh.

Dari kopi kotoran hingga kopi muntahan inilah 5 kopi teraneh di dunia dilansir melalui The Indian Express

Kopi Kotoran

Kopi musang (The Civet Coffee) atau disebut juga kopi luwak merupakan jenis kopi termahal di dunia dan paling terkenal. Kopi ini diperoleh dari kotoran musang yang dikumpulkan, diolah dan dijual. Bbc.com bahkan menyebutkan bahwa harga kopi luwak bisa mencapai US$ 700 atau Rp. 10 juta per kilogram.

Kopi Muntahan

Kopi muntahan ( Puke Coffee) berasal dari muntahan musang Vietnam. Ceri luar daging kopi dicerna oleh musang liar Vietnam sementara bijinya diekstruksi keluar dari mulut musang. Biji – biji yang dimuntahkan itulah yang dikumpulkan , diproses dan dijual. Merdeka.com menyebutkan bahwa harga kopi ini hingga US$ 3.000 atau Rp. 28.4 juta per kilo.

Kopi Ludah Monyet Rasa Vanila

Vanilla Flavored Monkey Spit Coffee atau lebih dikenal dengan kopi monyet. Biji kopi di Taiwan disedot oleh monyet dan diludahkan. Biji kopi ini kemudian digunakan untuk membuat kopi komersal dengan yang mendapatkan rasa vanila unik dari ludah monyet.

Di Chickmagalur, India juga memiliki jenis kopi yang sama. Jenis kera dari Rheus  memilih ceri kopi dan mengunyahnya hingga rasa manis dari pada ceri kopi hilang. Alih – alih menelan bijinya, mereka membuang biji kopi tersebut. Warna green bean sisa ‘kudapan’ monyet – monyet ini akan berwarna hijau keabu-abuan. Harga 1-poundnya (sekitar 456 gram kopi) dibandrol dengan harga US$ 320 (-sekitar 4,8 juta sesuai nilai dolar saat ini).

Kopi Biji Taco Pedas

Biji taco yang identik dengan makan ringan asal mexico yang berisi daging dan sayur dibungkus dengan daun tortilla dijadikan kopi. Bisa dibayangkan rasanya seperti apa?

Kopi Gu Yu

Kopi ini sangat terkenal dikalangan penggemar kopi di asia. Kopi ini dipanggang, diseduh dan dinikmati dengan mentega. Ini dituangkan di atas dasar susu kental manis dan di atasnya mentega cair.

Meskipun terdengar aneh, sebagai penikmat kopi mencicipinya bisa menjadi pengalaman unik tersediri untuk menambah referensi.

Komentar

News Feed