oleh

Pasca Gempa Pemerintah Bangun “Palu Baru”

PALU | Pasca gempa dan tsunami yang meluluh-rantakan Palu,  Pemerintah berencana merelokasi penduduk terdampak gempa Sulawesi Tengah. Rencananya pemerintah akan membangun hunian tetap di tiga wilayah di Sulawesi Tengah.

Ketiga daerah itu adalah wilayah Duyu, Tondo, dan Pombewe. Perencanaan pembangunan hunian tetap di tiga wilayah itu sedang dalam tahap perencanaan yang disusun bersama beberapa Kementerian dan Lembaga terkait seperti Bappenas/Kementerian PPN, BMKG, dan beberapa pihak lainnya.

Usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Senin (15),  Menteri PUPR Basuki menyebutkan,  Ada tiga lokasi yang dikaji untuk hunian tetapnya. Di Duyu 78 hektare, Tondo 88 hektare, dan Pombewe 210 hektare.

Dijelaskan Basuki, sejumlah tim ahli dari Jepang juga tengah melakukan penelitian dan penunjauan lokasi yang hasilnya akan digunakan untuk menyusun masterplan pembangunan hunian tetap di tiga wilayah tersebut.

Basuki mengatakan hunian tetap yang akan dibangun di tiga daerah itu menggunakan konsep tahan gempa. Ia menyebutkan pembangunan hunian tetap itu diarahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Basuki menambahkan pembangunan hunian tetap di tiga daerah itu bakal mempertimbangkan kondisi tanah yang cukup rentan di Sulawesi Tengah, terutama Palu. Pasalnya, saat musibah gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, sejumlah wilayah ternyata terjadi likuifaksi yang menyebabkan ribuan rumah tertimbun tanah.

“Dari segi perencanaan kita juga harus lebih baik. Diarahkan Pak Wapres, kita membangun Palu baru,” kata Basuki.

Komentar

News Feed