oleh

BAPETEN RI Lakukan Monitoring Sarpras di Lapas Kelas 1 Makassar, Ini Tujuannya

Makassar l Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) RI berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar, Kamis (18/10/2018)

Kunjungan kali ini disambut baik oleh PLH. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. Fahruddin Saputra di ruangannya didampingi oleh 2 Operator Alat Sarpras Keamanan Body Scaner Fardal dan Voti Screening 3 Dimensi System Muh Agus.

Inspeksi kali ini dijadwalkan setahun 3 kali khusus lingkup provinsi Sulawesi Selatan dan salah satunya Lapas Kelas I Makassar .

Adapun bertujuan untuk melaksanakan pengawasan dalam pemanfaatan tenaga nuklir (radiasi) yang digunakan pada sarpras keamanan Lapas Kelas I Makassar yakni Body Scaner dan Voti Xray Barang .

Dalam inspeksi ini seluruh dokumen perizinan penggunaan alat akan diperiksa sesuai dengan prosedur yang berlaku termasuk masa berlaku kalibrasi alat surveymeter, TLD dan dilakukan penghitungan jumlah radiasi pada kedua alat sarpras Body Scaner dan Voti Xray barang.

Dari hasil yang dirapatkan oleh pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) terdapat sedikit saran yang akan ditindaklanjuti ke depannya dalam penyedian alat keamanan bagi operator kedua alat tersebut.

Sehingga hasil rapat dan penghitungan tingkat radiasi pada Sarpras keamanan Lapas Kelas I Makassar mulai dri penyediaan dokumen pendukung , perijinan, tata letak alat , alat keamanan operator dan tingkat keamanan masyarakat khususnya pengunjung yang melewati alat tersebut masih di kategorikan AMAN . Dengan total nilai 81 .(**)

Komentar

News Feed