oleh

Cerdas Menggunakan Obat Anti Nyamuk

-Aneka-596 views

Mataraykatmu.com | Panasnya ibu kota Jakarta, Kamis (18/10) terobati dengan  turunnya hujan yang cukup deras. Pertanda bahwa musim hujan sebentar lagi akan tiba. Pada musim hujan, keberadaan nyamuk menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat.

Produk – produk anti nyamuk tentu menjadi pilihan untuk mengatasinya. Meski memudahkan dalam pembasmian nyamuk, masih banyak belum memahami penggunaan yang efektif dan benar.

Lalu, bagaimana penggunaan obat nyamuk yang tepat ?

  • Perhatikan Cara Pemilihan Jenis Obat Nyamuk

Mengatahui kondisi lingkungan bisa membantu dalam pemilihan jenis obat nyamuk yang benar. Dilansir di republika.co,id, Lula Kamal seorang dokter sekaligus duta sebuah produk anti nyamuk menyatakan, “Kalau akan berpergian gunakan losion antinyamuk. Losion antinyamuk juga bisa diberikan kepada anak – anak ketika mereka sekolah atau diajak jalan – jalan.”

Lebih lanjut lagi, “Tidak mungkin menyemprot satu sekolah demi menjauhkan anak dari nyamuk.” Jumat (19/10).

Di rumah, penggunaan losion antinyamuk dipandang Lula kurang efektif. Ini karena banyak aktivitas dalam rumah yang membuat kita banyak berinteraksi dengan air seperti cuci tangan dan kaki atau buang air. Sehingga losion akan luntur. Untuk mengusir nyamuk di rumah, lebih baik menggunakan obat nyamuk bakar, semprot atau elektrik.

  • Waktu Penggunaan Yang Tepat

Penggunaan obat nyamuk semprot meskipun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, ternyata dalam penggunaannya masih banyak yang salah.

Pada Kompas.com, Prof. dr. Sri Rezeki Hadinegoro Sp.A, “Kebanyakan orang mulai menyemprotkan obat nyamuk di kamar menjelang tidur. Yang benar, sebelum magrib sudah disemprot dulu. Jangan pas mau tidur, nyamuk sudah di dalalm (rumah).”

Dokter ahli penyakit infeksi dan penyakit tropis dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini menjelaskan, nyamuk masuk ke rumah ketika udara di luar mulai dingin, yaitu saat senja hari. Untuk itu, penyemprotan sebelum malam tiba dilakukan untuk mencega nyamuk masuk ke rumah.

Kemudian saat menggunakan obat nyamuk semprot, semua anggota keluarga harus menunggu di luar sampai baunya hilang.

  • Pilihlah Obat Nyamuk Yang Terstandar

Aspek kesehatan untuk obat nyamuk semprot harus lebih diperhatikan. Hal ini karena dikhawatirkan partikel – partike obat antinyamuk dapat melengket diperabot. Lula Kamal kembali menegaskan pada republika.co.id, “ Partikel obat nyamuk semprot tidak akan menempel asal sudah diakui keamanannya oleh WHO. Begitupula dengan obat nyamuk bakar pilihlah yang asapnya lebih sedikit agar tidak mengganggu pernafasan,” jelasnya.

Nah, dengan memperhatikan aspek – aspek tersebut dalam pemilihan obat anti nyamuk. Penggunaan obat nyamuk bisa lebih efisien.

Komentar

News Feed