oleh

Lebih Sehat Dengan Trik Masak Nasi Rendah Kalori

-Aneka-620 views

Matarakyatmu | Merasa kenyang setelah makan nasi. Begitulah masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makan pokok. Sayangnya, karbohidrat dari nasi ini yang merusak diet begitu tidak diubah menjadi energi.

Jika berlebih hal ini akan disimpan tubuh sebagai gula. Nah, hal ini sangat dihindari oleh penderita diabetes dan yang lagi diet. Semangkuk nasi saja mengandung 240 kalori yang akan berubah menjadi lemak jika tidak dimetabolisme oleh tubuh.

Perkembangan ilmu pengetahuan sudah menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tim penelitian dari College of Chemical Sciences dari Sri Langka yang dipimpin oleh Sudhair James menemukan trik memasak nasi yang dapat mengurangi kalorinya hingga 50%.

Anda hanya perlu sepanci air mendidih. Lalu, ,masuk satu sendok teh minyak kelapa untuk setiap setengah cangkir beras yang dimasak 40 menit . Setelah dites kalorinya ternyata turun 10 – 15 %.

Dilansir pada Kompas.com, James mengatakan, “Setelah matang, kita biarkan dingin di kulkas selama 12 jam. Begitu saja.”

Nasi yang lebih rendah kalori ini harus dipanaskan kembali dalam microwave sebelum dikonsumsi akan mengalami penurunan kalori 50 – 60 %. James dan pembimbingnya Pushparajah Thavarajah kedepan ingin menemukan jenis beras mana yang paling cocok dimasak menggunakan metode ini untuk mengurangi kalorinya secara signfikasi. Mereka juga bereksperimen menggunakan lemak jenis lain, seperti minyak bunga matahari.

Meskipun demikian, bukan berarti mengkonsumsi nasi tanpa terkontrol dibolehkan. Kunci hidup sehat itu adalah pola makan yang teratur dan seimbang.

Komentar

News Feed