oleh

Lapas Kelas I Makassar gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele, Ini Tujuannya

MAKASSAR I Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar ikutkan 30 Warga Binaan Lapas dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Budidaya Ikan Lele bersama Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar. di area Kegiatan Kerja Lapas Makassar, Penangkaran Ikan Lele. Pada Kamis (25/10/18).

Dalam giat tersebut WBP akan diberikan pelatihan dari pemateri, Prof.Dr. Patang,S.Pi.,M.Si dari Fakultas Prikananan Poleteknik Pertanian Negeri Pangkep, dan Dr. Ir. Zainuddin,M.Si dari Fakultas Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin.

Dalam kesempatannya membahas tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Budidaya Ikan Lele, dan Pembuatan Pakan Ikan Lele dengan Memanfaatkan Bahan di sekitar kita.

Kegiatan tersebut di awali dengan Penyampaian Laporan Panitia yang dibacakan oleh Takdir, S.ST dimana maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produksi budidaya Ikan Lele, terkhusus bagi WBP yang sedang bermukim di Lapas Makassar.

Adapun mengenai sumber dana yang digunakan bersumber dari APBD Kota Makassar.

Pada Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Satuan Kerja Lapas Makassar, Budi Sarwono, Bc. IP., SH., M.Si. yang dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih Untuk Dinas Perikanan dan Pertanian serta Pemerintah Kota Makassar,

“Saya sangat bersyukur masih ada perhatian oleh Pemerintah Kota Makassar terhadap Pembinaan di Lapas, terkhusus pada Dinas Perikanan dan Pertanian saya ucapkan banyak terima kasih atas pelatihan yang diadakan hari ini.

Budi harapkan kedepan pelatihan seperti ini dapat berlanjut tidak berhenti pada pelaksanaan kegiatan hari ini saja” Sambut Kalapas.

Hj. Santy Susilawati selaku Kepala bidang Perikanan, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, turut memberikan Sambutannya, beliau mengucapkan banyak terima kasih atas penerimaan kunjungan Dinas Perikanan dan Pertanian kota Makassar di Lapas Makassar. Dalam hal ini juga beliau menerangkan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan pengembangan ikan lele dan sekaligus memberikan sedikit gambaran mengenai pengaplikasian Budidaya Ikan Lele.

Perlu diketahui bahwa, Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan Penyuluhan Perikanan dari penyuluh perikanan kec. Rapocini, A. Muh. Wahyudi, S.Stpi. yang sebelumnya telah melakukan pemantauan lapangan di Lapas Makassar, juga telah melakukan Bimbingan terhadap beberapa WBP yang mengikuti pembinaan budidaya ikan Lele oleh Wahyudi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Materi dari akdemisi yang ahli dibidang perikanan. Kedua pemateri ini menjelaskan mengenai teknis pemeliharaan Ikan Lele, Jenis-jenis Ikan, penyakit yang menjangkit Ikan Lele, Jenis Pakan Ikan Lele, dan gambaran mengenai penanggulangan penyakit terhadap penangkaran Ikan Lele, besarnya Kolam penangkaran ikan lele dan Volume air yang mengisi kolam tersebut, serta  menjelaskan mengenai teknik dan pengambilan sampling pakan Ikan Lele.

Sebelum mengakhiri kegiatan, dibuka sesi diskusi mengenai materi yang telah dipaparkan oleh kedua pemateri, terdapat 3 pertanyaan yang disampaikan oleh WBP yang menanyakan seputar, pemberian pakan Lele, jenis penyakit Ikan Lele dan penanggulangannya, serta bagaimana cara mengsortir Ikan lele yang besar dan kecil.

Kegiatan ini diakhiri dengan ucapan Alhamdulillah dari ketua panitia pelaksana, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar.(Nanang)

Komentar

News Feed