oleh

Kematian Misterius Jurnalis, Bukti Profesi Ini Berbahaya

-Aneka-1.336 views

Matarakyatmu | Dunia tengah dikejutkan dengan kabar meninggalnya salah satu wartawan senior berkebangsaan arab secara misterius. Jurnalis Jamal Khashoggi tiba – tiba hilang setelah memasuki Konsulat Arab Saudi di Istambul, Turki pada 2 Oktober 2018. Khashoggi, memulai karirnya sebagi wartawan di Saudi Arabia setelah lulus dari Indiana State University, Amerika Serikat.

Jurnalis yang terkenal banyak mengkritik kebijakan pemerintah Saudi Arabia ini, dikabarkan mengalami penyiksaan hingga dibunuh dan dilenyapkan dengan cairan asam. Khashoggi bukanlah jurnalis pertama yang tewas misterius di seluruh dunia.

Seperti yang dikutib dari beberapa sumber, Jumat (26/10) berikut 3 jurnalis yang dilaporkan tewas misterius:

  1. Jurnalis Swedia Yang Mati Dimutilasi

Kim Wall menerima undangan Peter Medsen untuk melakukan perjalanan dengan kapal selamnya setelah beberapa bulan berusaha bisa mewawancarainya. Hal ini berawal dari ketertarikan Kim dengan project roket yang ditangani Peter Medsen.

Dilansir dari bcc.com, Kim telah meneliti sebuah cerita tentang usaha Medsen dan terakhir terlihat pad 10 Agustus2017 ketika ia berangkat bersama dengan kapal selam berbobot 40 ton,  UC3 Nautilius ke perairan Copenhagen. Sebuah potongan tubuh bagian atas ditemukan oleh seorang pengendara sepeda disebelah selatan Kopenhagen adalah miliknya, lengan dan kepalanya telah hilang setelah dipotong.

Beberapa minggu kemudian, potongan tubuhnya yang lain ditemukan oleh polisi penyelam 1 km dari penemuan pertama. Pihak kepolisian mengatahan potongan tersebut berada di dalam tas yang telah dibebani pipa mobil dan potongan logam.

  1. Si Tampan Yang Terjatuh Dari Lantai 5

Maxim Borodim dilarikan ke rumah sakit terdekat setelah jatuh dari lantai 5 flatnya di Yakaterinburg, Rusia. Pengakuan cukup mengejutkan dari sahabatnya Vyancheslav Bashkov pada bbc.com mengatakan, “Borodin menghubungiku pada pukul 5 pagi pada tanggal 11 April 2017 dan mengatakan ada seseorang dengan senjata di balkonya dan orang – orang yang menyamar dan menggunakan masker berada di tangga.”  Meskipun penyataaan pemerintah daerah mengatakan pintu apartemen terkunci dari dalam. Itu menunjukan bahwa tidak ada orang lain yang masuk ke dalam.

Selama beberapa pekan terakhir sebelum kejadiaan naas itu , Borodin menulis tentang tentara bayaran Rusia yang dikenal sebagai Wagner Group yang dilaporkan tewas di Syria pada 7 Februari 2017 dalam konfrontasi dengan Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga menyelidiki skandal politik, termasuk tuduhan yang dibuat oleh pengawak Belarusia yang dikenal dengan Nastya Rybka dalam sebuah video yang diposting oleh pimpinan oposisi Rusia Alexei Navalny.

  1. Dibunuh Dengan Racun

Indonesia pun tidak luput dari pembunuhan terhadap jurnalis. Keluarga yang merasa cemas setelah 3 hari tidak mendapat kabar dari Arsep Pajario meminta salah seorang pamannya untuk mencarinya. Lelaki yang berprofesi sebagai wartawan di Sriwijaya Post ini ditemukan tewas membusuk di Jalan S.Suparman Kompleks Citra Dago Blok D No 9 Kelurahan Sukajaya Kecematan Sukarami Palembang. Arsep diduga dibunuh dengan racun.

Dilansir dari detik.com, petugas forensik Wenny pada 17 September 2010 mengatakan, “ Hasil otopsi yang kami ketahui malam ini, limpahnya pecah karena keracunan.”(Irma)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed