oleh

Ternyata Suara Ibu Lebih Efektif Membangunkan Anak Dibandingkan Alarm

-Aneka-514 views

Matarakyatmu | Kegiatan pagi yang diawali dengan suara lengkingan alarm di kamar anak – anak tidak selalu berhasil membangunkan mereka. Tak jarang mereka harus menerima tambahan alarm dari suara panggilan ibu. Hal ini menarik perhatian peneliti di rumah sakit Nationwide Children Ohio.

Di thejakartapost.com menyebutkan penelitian dengan menjadikan 176 anak – anak berusia 5 dan 12 tahun, tidak ada yang mengalami kesulitan pendengaran ataupun mengkomsi obat tidur menjadi object penelitian . Anak – anak yang dilengkapi dengan elektroda, yang membantu memantau REM tidur mereka sehinga para peneliti dapat memicu satu dari empat alarm yang berbeda saat anak – anak berada dalam di tahap tidur yang sama. Setiap anak diminta untuk tidur di ruang laboratorium yang telah disulap persis sama dengan kamar pribadi.

Hasil menunjukan alarm vocal (yang menggunakan suara mirim manusia atau bukan manusai) lebih efektif daripada binyi bib bernada tinggi. Sekitar 90 % anakn terbangun dengan alarm suara dibandingkan alarm tradisional, dan  85 % anak meninggalkan ruangan dalam 5 menit ketika alamrm menampilkan suara ibunya. Sebagai pembanding hana 50 % anak meninggalkan ruangan dalam 5 menit ketika bunyi alarm yang digunakan.

“Alarm tidak membangunkan anak – anak dengan baik dibawah usia 12 tahun,” kata rekan penulis studi Dr.Gari Smith, “Tujua kami adalah mendapatkan sesuatu yang efektif diusia mereka saat ini.”

Penelitian serupa sebelumnya dilakukan oleh direktur Pusat Penelitian Laverhulme untuk Ilmu Forensik di Universitas Dundee, Professor Niamh Nic Daeid juga menunjukan temuan bahwa suara manusai jauh lebih efektif daripada alarm bernada tinggi tradisional dalam membangunkan anak – anak.

 

Komentar

News Feed