oleh

Depak Lopetegui, Madrid Terancan Sanksi Federasi Sepak Bola Spanyol

-Sport-2.775 views

 

MAKASSAR | Real Madrid harus mengambil langkah tegas terhadap juru taktik Julen Lopetegui. Mantan pemain Real Madrid itu gagal membawa Los Blancos bersinar musim ini. Hal itu berimbas pada pemecatan dirinya sehari pasca tumbang 5-1 dari Barcelona.

Lopetegui resmi didepak Los Blancos setelah memimpin para pemain selama 14 pertandingan. Dari 14 pertandingan ini, sang juru taktik hanya mampu meraih enam kemenangan.

Untuk mengisi kekosongan di kursi pelatih, manajemen Los Blancos menunjuk Juru taktik Real Madrid Castilla, Santiago Solari untuk menjadi pelatih sementara.

Meski begitu Madrid harus bergerak cepat mencari pelatih permanen. Sebab Madrid hanya diberi waktu dua minggu oleh Federasi sepak bola Spanyol.

Dalam Regulasi Umum RFEF pasal 160, seperti dikutip pada laman goallivescore, tertuang tata tertib yang mengatur posisi lowong pelatih bagi klub-klub La Liga Spanyol:

  1. Jika posisi lowong pelatih terjadi setelah kompetisi dimulai, klub diwajibkan untuk mencari pelatih baru sesuai lisensi dengan batas waktu dua pekan.
  2. Kegagalan memenuhi persyaratan di atas akan mengakibatkan dimulainya proses disiplin dari federasi.

Dalam proses penentuan pelatih baru, Madrid harus melakukan seleksi dengan cepat dan tepat. Nama-nama besar seperti Arsene Wenger, Laurent Blanc, dan Antonio Conte santer diperbincangkan menjadi juru taktik baru Madrid.

Diantara nama-nama itu, Antonio Conte disebut-sebut menjadi sosok paling favorit untuk menduduki posisi lowong ini. Tetapi kedua pihak terkendala oleh urusan administrasi dengan Chelsea.

Conte dikabarkan masih terikat kontrak dengan klub asal London itu, sehingga Madrid harus menebus biaya pemutusannya senilai €10 juta jika ingin memakai jasa pelatih asal Italia tersebut.

Kini Florentino Perez dan manajemen Real Madrid harus bergerak cepat. Mempermanenkan Solari, menyelesaikan administrasi Conte pada Chelsea, atau justru menunjuk nama lain sebagai juru taktik baru.

Jika dalam dua pekan manajemen Madrid tidak mendapatkan pelatih baru, maka sanksi disiplin akan dikenakan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol.

Komentar

News Feed