oleh

JOIN Jangan Khianati Warga Dengan Menjadi Bamper Pejabat

MAKASSAR | Pengurus JOIN Sulsel meminta pengurus di daerah untuk tidak menjadi “Bamper” pejabat dan memberi garansi bebas pemberitaan kontrol. Tindakan tersebut mengkhianati fungsi dan tugas jurnalistik.

Wakil Ketua JOIN Sulsel, Basri Baharuddin dalam keterangannya menjelaskan agar pengurus dan anggota JOIN di daerah tampil elegan dengan tidak melakukan   tindakan pelarangan meliput berita-berita kontrol terhadap SKPD. “Tindakan tersebut melanggar etik dan menurunkan harga diri,” ujar CEO JurnalCelebes.co.

Belakangan ini, ujar Basri, ada kesan jika ada oknum pengurus JOIN di daerah tertentu berupaya membangun komunikasi intensif ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan berusaha menutup ruang gerak jurnalis lain dalam beraktifitas secara bebas.

“Sepertinya ada upaya memberi garansi ke pejabat tak akan tersentuh pemberitaan negatif walau diperkuat data dan sumber yang kredibel,” ujarnya lagi.

Bagi pimpinan OPD, tambah Basri lagi, diminta untuk tidak tergoda dengan garansi yang ditawarkan oknum pengurus JOIN khususnya untuk terlindungi pemberitaan negatif.”JOIN itu wadah sangat dinamis tak memasung anggotanya dalam bekerja asal sesuai kaidah jurnalistik,” tegas pria bertubuh bongsor ini.

Lanjut dikatakan, anggota dan pengurus JOIN diminta melek mata melihat ketimpangan kinerja OPD dengan tidak menutupi dengan dalih jalinan kerjasama telah apik terjalin.”Ingat, kebebasan pers itu bukan hak eksklusif jurnalis tapi milik warga sebagai pemegang kedaulatan,” cetus Basri. Jangan khianati keinginan tahuan warga, tambah Basri. (Darwis)

Komentar

News Feed