oleh

Verifikasi Dewan Pers Upaya Raih Kepercayaan Publik

MAKASSAR | Upaya Dewan Pers melakukan verifikasi terhadap media cetak, online dan elektronik diharapkan mampu menciptakan pengelolaan secara profesional serta meraih kepercayaan publik terhadap media bersangkutan. Salah satu vokus kerja manajemen matarakyatmu.com adalah terverifikasi administrasi dan telah 100 persen.

Direktur Utama PT Matarakyat Mediasiber Indonesia, Irma Muhsen, S.Farm sebagai penerbit portal berita Matarakyatmu.com mengungkapkan kesyukuran sebab media online yang dipimpinnya telah menjawab seluruh entri data secara online di website dewan pers.

“Insya Allah, tiga hari ke depan pengisian entru data verifikasi administrasi ke dewan pers,” ujar alumni Universitas Pancasakti ini.

Lanjut dikatakan, upaya verifikasi dilakukan untuk mendapat pengakuan apakah portal bersangkutan layak disebut perusahaan pers atau sekadar terbit dengan menyepelekan aturan dewan pers sebagai lembaga diberi wewenang oleh negara membuat peraturan berkaitan pers.

Sementara penggiat Jurnalistik di Makassar, Rifai Manangkasi memberi apresiasi portal-portal melakukan verifikasi baik administrasi maupun faktual.”Ini agar dapat meraih kepercayaan pembaca jika media yang dibaca telah teruji dan layak memproduksi produk jurnalistik,”ujarnya.

Dijelaskan, akan banyak dampak negatif ditimbulkan bila tak melakukan verifikasi ke dewan pers jika bersentuhan hukum.”Memungkinkan akan mendapat penilaian berita dihasilkan bukan produk jurnalistik dan bisa dipidana,” ujar Ahli dari Dewan Pers ini.

Verifikasi terus dilakukan dewan pers dan jangan menunda mengisi entri data pada kolom pendataan perusahaan pers di web dewab pers, jelas Rifai lagi.

Komentar

News Feed