oleh

150 Prajurit TNI dan PNS Ikut P4GN di Makorem 141 Toddopuli

BONE.- Penyuluhan Pencegahan,Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN) yang digelar di Makorem 141 Toddopuli Bone, Senin (19/11) pagi tadi dibuka Danrem 141 /Tp diwakili Kasrem 141/Tp Letkol.Inf.Bobbie Triyanto.SIp, dihadiri Para Kasi Korem 141/Tp, para Dan/Ka balak Rem 141/Tp.

Kegiatan P4GN Triwulan IV Ta. 2018 ini di ikuti 150 orang yang terdiri dari prajurit TNI serta PNS Makorem 141/Tp dan Balakrem 141/Tp, diawali pembacaan sambutan oleh Kasrem 141/Tp Letkol.Inf.Bobbie Triyanto,SIp.

Kemudian dilanjutkan sosialisasi tentang Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba oleh Dr. Nuraeni dari Denkesyah Bone, selain itu juga dilakukan tes Urine kepada seluruh personel TNI maupun PNS.

Pada kesempatan itu, Danrem 141/Tp melui Kasrem 141/Tp menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemateri yang telah berkenan hadir memberikan pencerahan kepada jajaran Korem 141/Tp.

Menurut Danrem 141/Tp, maksud dari penyuluhan tentang bahaya Narkoba bagi prajurit dan PNS Korem 141/Tp dan Balakrem, untuk memberikan gambaran bagi setiap prajurit dan PNS tentang resiko dari zat yang terkandung dari Narkoba tersebut bagi pemakai, serta sanksi yang diterima jika menjadi tersangka, baik sebagai pengguna atau pemakai, sebagai pengedar maupun sebagai agen yang memperjual belikan Narkoba tersebut.

Terkait soal Narkoba ini, kata Kasrem 141/Tp, tentunya sangat penting untuk dipahami bersama, mengingat pengedaran narkoba saat ini telah merambah kemana-mana dan telah sampai juga ke lingkungan prajurit. ” Terlebih masalah penyalahgunaan Narkoba juga masuk pada kategori tujuh pelanggaran berat prajurit,” tegasnya.

Danrem 141/Tp menegaskan, kepada para Dansat/Kabalak jajaran Korem 141/Toddopuli, agar senantiasa mengingatkan/menekankan kepada anggota di satuan jajarannya untuk tidak menggunakan, menguasai, membawa, memiliki, mengedarkan atau memproduksi Narkoba.

” Laksanakan pemeriksaan urine terhadap seluruh anggota di satuan jajarannya dan laksanakan pengecekan terhadap lingkungan asrama/rumah dinas di wilayah masing-masing, serta adakan patroli secara khusus di lingkungan asrama guna mencegah lingkungan asrama untuk dimanfaatkan oleh oknum/ kelompok tertentu sebagai tempat peredaran/ penyalahgunaan Narkoba serta kejahatan lainnya,” demikian perintah Danrem 141 Tp yang disampaikan Kasrem 141/Tp.

Untuk itu, katanya, Korem 141/Tp menggelar program penyuluhan sesuai program yang saat ini sedang dicanangkan oleh BNN adalah Program Bersih Narkoba , dengan dilaksanakannya penyuluhan dan diharapkan dapat mengeliminir, mencegah dan memberantas peredaran dan penyalahgunaan bahaya Narkoba baik dikalangan TNI dan PNS beserta keluarganya.

Prajurit, tambah Kasrem 141/Tp, bisa membentengi diri dari keluarga dari bahaya narkoba yang selama ini dapat menyebabkan gangguan maupun kerugian pada beberapa aspek, terutama pada aspek fisik, psikologis, ekonomis, hukum maupun sosial.

Dan menurutnya, masalah Narkoba saat ini, merupakan masalah kita bersama, sehingga dalam penanganannya memerlukan keterlibatan berbagai unsur, agar bersatu padu dan terintegrasi, untuk melaksanakan strategi pencegahan, sehingga Program Pencegaan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) harus terus dilaksanakan dan harus berhasil dengan baik.

” Kepada seluruh personel yang hadir, agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan, selanjutnya esensi dari materi yang disampaikan agar dapat dijadikan acuan serta dikembangkan sesuai peran serta tanggung jawab masing-masing. Cermati secara sungguh-sungguh materi ceramah yang disampaikan para nara sumber, dan tanyakan hal-hal penting, agar berbagai langkah serta tindakan yang kita lakukan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan keluarga,” tegas Kasrem 141 Tp.- * Suaedy.-″

Komentar

News Feed