oleh

Setelah Molor, Akhirnya KUA PPAS 2019 Hari Ini Mulai Dibahas

-Daerah-680 views

BULUKUMBA.I- Setelah molor beberapa hari, akhirnya Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Aanggaran Sementara ( KUA – PPAS ) tahun 2019, hari ini Kamis 29 Nopember 2018, mulai dibahas di DPRD Bulukumba.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto kepada jurnalis BugisPos via Whatshapnya, Kamis (29/11). Menurutnya, pembahasan KUA PPAS sudah berlangsung hari ini.

Rapat Bamus DPRD bersama dengan TAPD Pemerintah Daerah telah menyetujui jadwal pembahasan APBD. ” Insya Allah jika sesuai jadwal, Minggu kedua atau ketiga APBD pokok 2019 sudah bisa ditetapkan,” jelas Tomy.

” Bagaimana kaitannya dengan UU No 23 yang kurang lebih bahwa penetapan APBD pokok paling lambat 30 hari sebelum tahun anggaran berjalan,? ” tanya BugisPos.

Menurut Wakil Bupati, hal tersebut sudah dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi dan masih ada keleluasaan hingga pertengahan Desember penetapan APBD.

” Meski regulasinya memang 1 bulan sebelum akhir tahun, namun mengingat ada PP 12 tentang penyusunan tatib DPRD, maka ini dapat dimaklumi oleh Pemerintah Provinsi dilakukan penetapan pada pertengahan Desember,” jelas Tomy.

Kemudian menjawab pertanyaan media ini, Tomy Satria, menyatakan Insya Allah APBD Pokok 2019 bisa ditetapkan pada Desember tahun ini. ” DPRD hanya ingin memastikan, agar pokok pikiran teman teman terkait dengan kesejahteraan masyarakat dipastikan ada dalam KUA PPAS dan APBD dimasukkan. Dan ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Daerah, bagaimana program yang disusun oleh OPD bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” papar Tomy.

Maaf, apa tidak ada deal deal antara eksekutif dengan legislatif terkait pembahasan KUA PPAS dan APBD Pokok 2019, dan apa yang menghambat sehingga KUA PPAS lambat dibahas, tanya media ini.

Menurut Tomy, hanya pada teknis saja, karena amanat regulasi, setelah PP 12 lahir, DPRD fokus dalam penyusunan tatib sebagai pijakan pembahasan APBD. Dan setelah selesai itu baru masuk pembahasan.

” Tapi intinya kita sudah sepakat pada jadwal pembahasan yang Insya Allah kita komitmen bersama akan menyelesaikan pembahasan APBD disekitar Minggu Kedua atau Ketiga Desember. Jadwal pembahasannya sudah di tanda tangani oleh ketua DPRD,” sebut Tomy.- Suaedy

Komentar

News Feed