oleh

PSM Makassar “Tersandung” Bhayangkara FC Untuk Juara Liga 1

JAKARTA | Ambisi tim Juku Eja, PSM Makassar menjadi kampiun Liga 1 2018 harus tertunda karena ditahan Bhayangkara FC. Hanya takdir bisa menahan Persija  untuk juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

PSM Makassar tak mampu menyalip Persija di pekan ke 33 setalah Bhayangkara FC menunjukkan keperkasaan di lapangan PTIK. Klasemen tidak mengalami perubahan setelah ditahan imbang  0-0, Senin (3/12).

Sejumlah peluang dimiliki Juku Eja dalam laga itu. Hanya saja, buruknya penyelesaian akhir dan juga ketangguhan kiper Wahyu Tri Nugroho membuat PSM harus puas pulang dengan satu poin.

Persaingan tidak saja dimiliki PSM dan Persija, tetapi juga Persib Bandung dengan Bhayangkara FC. Persib dan Bhayangkara kini akan berduel memperebutkan satu tempat tersisa, peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 2018, untuk bisa berkompetisi di level Asia musim depan. Di pekan ke-44 Persib akan menjamu Barito Putera sedangkan Bhayangkara FC dijamu Bali United, Minggu.

Dengan tambahan satu poin tersebut tim asuhan Robert Rene Alberts itu gagal menyalip Persija yang berada di puncak klasemen. Kini PSM tertinggal satu poin dari Persija yang mengoleksi 59 poin.

Laga krusial tersebut juga diwarnai dua gol yang dianulir wasit. PSM mencetak gol lebih dulu pada menit ke-67 melalui Alessandro. Tetapi gol itu tidak disahkan karena dianggap offside.Bertekad meraih poin penuh di kandang lawan PSM justru bermain dengan 10 orang di babak kedua saat bek Hasim Kipuw diberi kartu merah oleh wasit Hadiana pada menit ke-57.

Kartu merah itu berawal dari pelanggaran Elio Bruno Martins kepada Kipuw di hadapan Hadiana. Kipuw pun langsung merespons dengan melancarkan pukulan kepada Martins. Tidak tinggal diam Martins segera membalasnya.

Tanpa pikir panjang wasit Hadiana langsung memberikan kartu merah untuk Kipuw dan Martins. Kedua tim pun bermain dengan 10 orang di sisa laga.

Pembatalan gol itu juga menimpa tuan rumah Bhayangkara FC saat Alsan membobol gawang Hilman Syah usai memanfaatkan bola rebound tendangan bebas Paulo Sergio yang membentur tiang pada menit ke-79.

Pada pertandingan terakhir di Liga 1 PSM akan menghadapi PSMS Medan pada Minggu (9/12), sedangkan Persija Jakarta meladeni Mitra Kukar satu hari sebelumnya, Sabtu (8/12).

Dari prediksi, pertandingan pekan terakhir ini lawan Persija adalah Mitra Kukar kini terancam degradasi lebih mudah ditaklukkan dibanding PSMS Medan yang pekan 32 lalu membantai Persebaya Surabaya 4-0. Tapi, ini sepak bola. Semua bisa analisa bisa  meleset.

Komentar

News Feed