oleh

Diduga Ada Upaya Kriminalisasi Hukum, KHLK Tidak Memberikan Kepastian

-Peristiwa-461 views

LABUNBAJO | Puluhan nelayan pesisir Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur mendatangi Balai Taman Nasional Komodo (TNK), Rabu (5/12) siang.

Mereka (para nelayan) tersebut mengaku bahwa mereka (nelayan) datang untuk memperjuangkan nelayan yang diproses oleh Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK).

Para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Mitra Bajo itu ingin memperjuangan nasib rekan mereka yang diproses hukum lantaran menangkap ikan dalam kawasan TNK.

Mustafa selaku koordinator menjelaskan bahwa Para nelayan yang ditahan oleh KHLK tersebut hingga hari ini belum mendapat kepastian hukum.

“Semenjak Oktober hingga November 2018, sudah banyak nelayan yang ditangkap oleh Balai TNK karena dituduh menangkap ikan dalam kawasan TNK”. Jelas Mustafa

Puluhan nelayan yang tergabung dalam nelayan mitra bajo mendatangi kapolres manggarai barat.

Penyidik Gakkum KLHK, kata Mustafa Ambros menjelaskan “pihaknya telah menangkap belasan nelayan pada 30 Oktober 2018 dan 20 November 2018. Para nelayan ditangkap karena melakukan penangkapan ikan pada zonasi dengan menggunakan pukat cicin”.

Ada Upaya pembiaraan yang dilakukan oleh KLHK, seharusnya mereka sudah melakukan koordinasi dengan pihak polres dan melimpahkan kasus tersebut guna untuk mendapatkan kepastian hukum.

“Kasus ini kan sudah berjalan hampir 2 (dua) bula, kenapa mereka belum melakukan P21, Ini kan ada upaya kriminaliasi hukum”. Tambah Mustafa via WA.

Puluhan nelayan juga mendatangi Kapolres Manggarai barat guna menanyakan kepastian apakah mereka sudah melakukan koordinasi atau belum.

kami lakukan koordinasi Kata Mustafa, “justru pihak kepolisian menjelaskan bahwa mereka belum mendapatkan informasi apa apa. Baru sekarang diketahui ada kejadia”.

Mustafa juga menuntut kepada pihak kepolisian Manggarai Barat agar segera bertindak agar para nelayan tersebut mendapatkan kepastian hukum. Para nelayan tersebut sudah memiliki keluarga dan harus menafkahinya.

Komentar

News Feed