oleh

Eleminir Gerakan Saparatis dan Bentrok Antar Suku, Ini Dilakukan Polda Papua Barat

MANOKOWARI  | Polda Papua Barat terus melakukan langkah-langkah persuasif dalam mengeleminir tindakan kelompok-kelompok yang berusaha menggagu keamanan dan ketertiban warga. Ini dilakukan agar wilayah dikenal rentan konflik suku ini tidak terjadi.

Wakapolda Papua Barat Kombes Polisi Tatang mengungkapkan pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir gerakan-gerakan yang dapat menggangu ketentraman masyarakat termasuk gerakan separatis.

“Upaya-upaya yang dilakukan Polda Papua Barat dalam rangka mengantispasi adanya gerakan-gerakan dari kelompok-kelompok tertentu yang akan mengganggu stabilitas keamana NKRI, kita melakukan upaya-upaya persuasif,” ujarnya di Mapolda Papua Barat, Manokwari, Selasa (11/12/2018).

Menurut Tatang, pihaknya banyak melakukan diskusi, melakukan hal-hal positif bersama elemen masyarakat, tokoh adat yang ada di wilayah hukumnya. Dengan kegiatan tersebut, keinginan kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengganggu keamanan tidak terwujud.

“Separatis di Papua Barat ini berbeda dengan di Polda Papua, disini mereka sifatnya hanya melakukan orasi-orasi, dan hanya menggunakan media sosial,” tambahnya.

Lebih jauh, Tatang menjelaskan, bahwa di wilayah hukumnya rentan sekali bentrok antar suku bahkan bentrok antar Ormas.

“Kita wanti-wanti jangan sampai terjadi bentrok antar suku baik bentrokan antar suku pribumi atau dengan pendatang,”  tegasnya.

“Kita ciptakan suasana disini jangan sampai bergejolak, sehingga banyak upaya-upaya yang kita tempuh, kita berdayakan seluruh kemampaun kita terutama bhabinkatibmas. Kita perbantukan didepan untuk mengcounter situasi yang berkembang. Alhamdulilah sampai sekarang situasi tetap bisa terkendali,” pungkasnya. (a.aso)

Komentar

News Feed