oleh

Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Terupdate 62 Jiwa

JAKARTA | Hingga suang inu, Badan Penamggulangan Bencana ( BPBN) telah mengidentifikasi korban meninggal akibat erupsi gunung Krakatau mengakibatkan tsunamu selat Sunda menjadi 62 orang oada Minggu (23/12)Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sampai pukul 10.00 WIB sudah tercatat 62 orang meninggal dunia.

“hasil laporan terbaru tim di lapangan hingga pukul 10.00 WIB, Minggu, 23 Desember 2018 data korban meninggal ada 62 orang,” jelasnya melalui keterangan, Minggu (23/12/2018).

Lalu, sekitar 430 unit rumh rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat. Daerah paling parah terdampak ada di Kabupaten Pandeglang, pemukiman sepanjang Tanjung Lesung sampai ke Carita.

“Data tersebut akan terus bergerak naik, karena sampai saat ini belum semua wilayah terdampak terdata,” imbuhnya.

“Daerah yang paling terdampak parah adalah di Kabupaten Padeglang, yaitu kawasan wisata dan permukiman sepanjang pantai dari Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Panimbang, dan Carita. Oleh karena itu saat ini sedang disiapkan, akan dilakukan survei dan pemetaan dengan pesawat terbang yang dilakukan TNI, BNPB kerahkan heli,” lanjutnya.

Penanganan darurat terus dilalukan. Status tanggap darurat dan struktur organisasi tanggap darurat, pendirian posko, dapur umum dan lainnya masih disiapkan. Alat berat juga dikerahkan untuk membantu evakuasi dan perbaikan darurat.

Masyarakat dihimbau tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai saat ini. BMKG dan Badan Geologi masih melakukan kajian untuk memastikan penyebab tsunami dan kemungkinan susulannya.

Komentar

News Feed