oleh

Pasar Sentral Bantaeng Dibangun Tanpa IMB, Contoh Buruk

BANTAENG | Pembangunan pasar sentral Kabupaten Bantaeng, peninggalan Prof.Nurdin Abdullah saat menjabat bupati, kini Gubernur Sulsel ditengarai berdiri kokoh tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB(.

Pihak Dinas PM dan PTSP mengakui bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pembangunan Pasar Sentral Bantaeng tidak ada alias belum terbit.

Menurutnya Tafsir, Kadis PM dan PTSP Bamtaeng kepada jurnalis yang menemuinya, Izin Mendirikan Bangunan IMB bisa diterbitkan setelah berkas dari Dinas PUPR Bidang Tehknis Tata Ruang sudah masuk namun sampai saat belum  hingga dipastikan pembangunan pasar tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Jadi sementara dalam pengkajian prosesnya memang belum karena berkas belum lengkap dan kita tetap koordinasi kepada bagian tehknisnya, tunggumaki sementara saya hubungi,” ujarnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Selain itu ditempat yang sama, Irwan Cahyadi dari Dinas PUPR Bidang Tehknis Tata Ruang setelah tiba usai dihubungi juga mengakui bahwa berkasnya memang belum kita masukkan sementara kita upayakan.

“Iya belum pi memang saya masukkan karena sementara kita kumpulkan berkasnya,” bebernya.

Menanggapai hal tersebut, Ketua LSM LKP-PAN DPD Bantaeng, Alimuddin Alk mengatakan bahwa dengan tidak adanya IMB pada proyek pembangunan pasar tersebut ada tiga instansi yang harus beramggungjawab yakni Dinas Koperasi, Dinas PM-PTSP serta Dinas PUPR Bantaeng.

“Kami tetap lakukan monitoring di lapangan dan pastinya akan runyam sebab harusnya dinas lebih paham seperti apa dan bagaimana regulasi yang sudah ada,” terang Alimuddin.

Alimuddin juga menambahkan bahwa keterangan disampaikan Dinas PM – PTPS Bantaeng ditengarai asal bunyi karena memberikan jawaban terhadap awak media tidak sesuai dengan penjelasan dari bagian tehknis Tata Ruang PUPR Bantaeng.

” Apa mau dikaji sementara berkas belum masuk. Diduga ada permainan sehingga tidak terbit IMB pengerjaan sudah jalan bahkan bangunan itu sudah mau selesai kok, baru mau dikaji berkasnya tidak masuk akal,” imbuh Ketua LKP-PAN Bantaeng ini.

Laporan : Wahyu

Komentar

News Feed