oleh

Hoax ! Tsunami Terpah Jayapura

JAYAPURA | Warga kota Jayapura berhamburan menyelamatkan diri naik ke daratan tinggi, subuh tadi (7/1) setelah kabar bohong tsunami akan menerpah kota tersebut.

Berita hoax tersebur membuat Kepolisian Resort Jayapura Kota memastikan bakal menusulir oknum warga yang menyebarkan informasi bohong atau hoax mengenai adanya tsunami di Kota Jayapura, Minggu (6/1/2019) subuh.

Informasi bohong adanya tsunami pada membuat warga Kota Jayapura khususnya di wilayah Entrop dan Hamadi panik. Bahkan, warga sempat mengungsi ke dataran tinggi yakni di Kantor Walikota dan Kodam XVII Cendrawasih akibat hoax.

Kapolresta Jayapura, AKBP. Gustav Urbinas menyatakan pihaknya akan meminta keterangan sejumlah saksi dan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebar hoax tersebut.

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan untuk mencari siapa oknum yang menyebar hoax tentang tsunami. Saya ingatkan warga jangan sembarangan menyebar informasi yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Gustav, Senin (7/1/2019).

Sementara itu, Gustav mengaku telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan patroli di titik titik rawan bencana longsor dan banjir di wilayah setempat.  

“Kami patroli agar sewaktu waktu jika terjadi bencana dapat melakukan respon cepat untuk mengamankan lokasi kejadian dan melakukan pengalihan arus saat proses pembersihan,” terangnya.

Tak lupa, Gustav mengimbau warga untuk selalu mewaspadai cuaca ekstreme yang terjadi di Kota Jayapura dan sekitarnya akhir-akhir ini.

“Saya juga meminta pihak BMKG untuk selalu memberikan informasi kepada warga terkait perkembangan cuaca dan prediksi kedepan,” imbuhnya. (a.aso)

Komentar

News Feed