oleh

Tingkatkan Kapasitas Kepala Desa, Begini Rencana Kadis PMD Gowa

-Daerah-123 views

GOWA | Guna meningkatkan kapasitas dan keterampilan Kepala Desa dalam mengelolah Anggaran Desa, juga agar terhindar dari penyalahgunaan anggaran Desa diperlukan pembekalan khusus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Drs Muhammad Asrul, MM, mengatakan, kepala desa terpilih perlu pembekalan agar terhindar dari penyalahgunaan anggaran seperti yang dialami mantan Kades Kanjilo, Paharuddin.

Menurut Asrul, pembekalan bagi Kepala Desa terpilih dan sudah dilantik nantinya bertujuan untuk meningkatkan wawasan sumber daya Aparatur Pemerintah Desa agar tercapai tata kelola pemerintahan yang baik, serta meningkatkan profesionalisme Aparatur Pemerintahan Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Para Kepala Desa diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami manajemen Pemerintahan Desa dan terampil dalam penyusunan perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan Desa dan penyusunan produk hukum Desa setelah mengikuti pembekalan ini,” kata Asrul. Seni (14/01)

Lanjutnya, “Kepala Desa memiliki peran dan posisi yang strategis dalam pelaksanaan undang-undang Desa karena berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa juga sebagai pemimpin masyarakat,”

Menurutnya, dalam menyelenggarakan pemerintahan, para kepala desa diharapkan mengikuti aturan yang ada, agar masyarakat yang dipimpin kehidupannya dapat lebih baik dan lebih sejahtera.

“Peran kepala desa sangat penting dalam mengelola anggaran desa yang sangat besar untuk pembangunan di desa,” Tutup Muhammad Asrul.

Komentar

News Feed