oleh

Teka-Teki Kematian ABK Tanker Victoria II di Pelabuhan Palopo

-Daerah-2.126 views

PALOPO, Meninggalnya Anak Buah Kapal ( ABK )Tanker Victoria II dalam menjalankan tugas, Supriadi warga Jl. Buta-butta Caddi Kecamatan Tallo Kota Makassar, yang juga merupakan Taruna BP2IP Barombong Angkatan 58, menjadi perhatian khusus Alumni BPLPD Barombong.

Kronologis kejadian pada hari Senin 14 Januari 2019 jam 03.30 Kapal tiba di Palopo dan berlabuh direde luar Palopo jam 04.00, kemudian semua Kru Deck melaksanakan persiapan buang ballast 04.12 dan mulai buang ballast pada jam 04.30, setelah buang ballast berlangsung lancar sebagian Crew Deck yang tidak melakukan kegiatan dinas jaga kembali istirahat untuk kegiatan selanjutnya.

Berselang beberapa menit, Chief Officer yang berada di posisi tangki 1 kanan mendengar suara benturan ditangki 1 kiri, kemudian Chief Officer melakukan pengecekan asal suara benturan.

Saat mengecek ditangki 1 kiri dan melihat helem diram tangga sementara Supriadi tergeletak di dasar tangki kemudian Chief Officer memanggil crew  melakukan pertolongan. Supriadi  berhasil dievakuasi dari dalam tangki 1 kiri.

Kepala Syahbandar Palopo, Taufan Eka Putra menjelasakan kejadian itu murni kecelakaan yang tidak disengaja berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

“Kwmi sudah berupaya memberikan pengamanan kerja yang cukup memenuhi prosedure. Proses pemeriksaan pun sementara berjalan hingga saat in menunggu hasil investasi dari penyidik dan pihak kami juga menunggu hasil pemeriksaan dari Makasar,” ungkapnya

Sementara menunggu informasi hasil penyelidikan dari pihak kepolisian, salah satu pelaut senior, Abay yang juga Alumni BPLPD Barombong, sangat menyanyangkan pihak Syahbandar Palopo yang begitu cepat mengeluarkan statement.

“Saya sangat menyeyangkan atas statement kejadian ini murni kecelakaan dan semua sudah sesuai procedure, sedangkan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan,” ujae Aba.

Ia menduga ada keselahan procedure kerja dan kelalaian pengawasan kerja diatas Kapal Victory II yang mengakibatkan hilangnya nyawa pekerja, ujar Abay.

Komentar

News Feed