oleh

Ketua IDI Bulukumba Himbau Masyarakat Cerdas Gunakan Obat Antibiotik

-Kesehatan-258 views

BULUKUMBA.I Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bulukumba dr. H.Muhammad Amrullah, mengajak masyarakat jika sakit, supaya tidak terburu buru menkomsumsi obat. Sebaiknya ke dokter memeriksakan diri, agar penyakitnya diketahui, selain itu masyarakat juga dihimbau agar lebih cerdas dmengkomsumsi obat obatan, terutama obat antibiotik.

 

Sebab kata dr.H.Amrullah yang juga Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD HA.Sultan Daeng Radja Bulukumba, penggunaan obat antibiotik, hanya membunuh bakteri, seperti jika seseorang terserang penyakit demam atau flu ringan, langsung minum obat tanpa resep dokter, malah akan menjadi racun bagi tubuh, sebab demam atau batuk flu, malah yang menyerang kuman.

Jadi katanya, penggunaan obat antibiotik hanya untuk bakteri, sedangkan jenis kuman yang menyebabkan penyakit, ada pada bakteri,virus, protozoa dan lainnya.

” Jadi masyarakat perlu tahu, tidak semua penyakit obat antibiotiknya sama. Misalnya seseorang kena penyakit disebabkan karena kuman atau protozoa, kemudian orang itu minum obat antibiotik, malah akan menyerang balik antibodi tubuh orang itu, dan bakteri jahat akan berkembang lebih cepat, sebaliknya bakteri baik akan mati, sehingga alangkah baiknya minum obat sesuai resep dokter,” jelas Amrullah.

Ditambahkan, jika seseorang sakit dan menkomsumsi obat antibiotik, meskipun orang itu sudah sembuh, tetapi obat antibiotiknya harus dihabiskan, karena kata Ketua IDI Cabang Bulukumba ini, ada kebiasaan di masyarakat,khususnya yang sakit dan minum obat antibiotik, jika sudah merasa sembuh, maka konsumsi obat antibiotik juga dihentikan. ” Padahal, meskipun sudah sembuh, tetapi obat antibiotiknya harus dihabiskan, sesuai resep dokter, karena penggunaan obat antibiotik tidak sesuai aturan, bisa menyebabkan resistensi, dan hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi penderita karena dapat menyebabkan kematian,” pesan dr.Amrullah.- Suaedy.-

Komentar

News Feed