oleh

Perawatan Anak RSUD HA.Sulthan Dg Radja Bulukumba Didominasi Penyakit DBD

-Daerah-94 views

BULUKUMBA.I Sejak memasuki awal tahun 2019 kamar perawatan anak RSUD HA.Sulthan Dg Radja sudah dipenuhi pasien DBD atau sering disebut Demam Berdarah atau Demam Dengue.

 

Seperti disampaikan Sekertaris Daerah Bulukumba A.B.Amal kepada media ini usai Sholat Ashar berjamaah di mesjid Nurul Hidayah, sesuai hasil pantauan dia, pada Sabtu (19/1) kemarin, dia menemukan puluhan anak terbaring sakit di kamar perawatan RSUD HA.Sulthan Dg Radja.

Sekda AB.Amal.       dr.H.Abdurajab

“Kemarin saya jalan jalan ke rumah sakit, saya mendapati kamar perawatan anak didominasi pasien DBD, dan hal ini perlu segera mendapat perhatian dari unit kerja terkait, agar penyakit ini tidak mewabah dilingkungan masyarakat,” harap AB.Amal.

Hal tersebut diakui dr.H.Abdurajab, Plt Direktur RSUD HS.Sulthan Dg Radja, bahwa dari 34 tempat tidur yang ada di perawatan anak, memang didominasi pelasin demam berdarah. ” Betul itu, dan memang pada bulan Desember hingga Maret, biasanya penyakit DBD ini mewabah, makanya masyarakat harus mengetahui cara pencegahan DBD,” kata dr.Rajab.

Bagaimana cara pencegahan DBD,? Berikut 5 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mencegah demam berdarah.
1. Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali, 2 Perhatikan perabotan rumah tangga Anda yang menampung air. 3 .Gunakan kasa nyamuk, 4.Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama dan 5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu.

Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, selain itu adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Sekda AB.Amal akan meminta Dinas Kesehatan untuk segsra turun melakukan upaya pencegahan, misalnya dengan melakukan survey dimana ada kasus DBD. Agar yang lain tidak terjangkit DBD, perlu dilakukan pencegahan termasuk diantaranya melakukan fogging.- Suaedy.-

Komentar

News Feed