oleh

Begini Dilakukan BKAD Bentuk Program Berbasis Kawasan Desa Mandiri

-Daerah-590 views

MALILI | Sejak dikukuhkan oktober 2018 lalu, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) se Kecamatan Malili bergerak cepat, membuat perencanaan dan program berbasis kawasan perdesaan mandiri, bekerjasama dengan PT. Vale Indonesia dan pemerintah kabupaten Luwu Timur .

Awal perencanaan yang dilakukan TIm BKAD Kecamatan Malili yaitu, memberi pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) para kepala desa dan pengurus BUMDes se Kecamatan Malili, di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten selama 7 hari, dalam hal pengembangan kapasitas dan sumber daya potensi yang ada di desa.

Demi mengoptimalkan program yang akan dilakukan di desa, para peserta study tiru dan Bimtek di desa Ponggok, diberi pelatihan serta manajemen system pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) Tirta Mandiri yang telah sukses melakukan pengembangan potensi desa, yang ada di Desa Ponggok .

Moh. Arif Tella BKAD desa Pongkeru, dan juga sekretaris kawasan Jasa & Perkotaan mengatakan, Awal perencanaan program tahun 2019, Tim BKAD kecamatan Malili fokus memberi pelatihan dan pengembangan kapasitas sumber daya, bagi kepala desa, dan pengurus BUMDes.

“Diharapkan, Sasaran program ini, para kepala desa dan pengurus BUMDes bisa saling bersinergi dan bekerjasama dalam mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing, serta bertanggung jawab dalam hal manajemen pengelolaan program yang akan berjalan nantinya ” tutur Arif .

Terdapat 9 BKAD desa, yang ada di kecamatan Malili, yang juga merupakan daerah pemberdayaan PT. Vale, 9 desa tersebut terbagi menjadi dua Kawasan perdesaan mandiri, diantaranya, “Kawasan Pesisir, 4 Desa”, serta “Kawasan jasa dan perkotaan, yang terdiri dari 5 desa”.

Komentar

News Feed