oleh

LBH Butta Toa Bantaeng Beri Bantuan Hukum Gratis

BANTAENG | Lembaga bantuan hukum (LBH) Butta Toa Bantaeng beri pendampingan hukum secara gratis (Prodeo) bagi masyarakat yang tidak mampu di Kab. Bantaeng.

Ketua LBH Butta Toa, Suardi Syam, S.H menemui AKBP. Adip Rojikan Kapolres Bantaeng di ruang kerja Kapolres Bantaeng untuk menjalin kerjasama pendapingan hukum secara gratis (Prodeo) bagi masyarakat Kab. Bantaeng yang tidak mampu/Miskin.

Kerjasama ini dilakukan oleh LBH Butta Toa setelah resmi mendapatkan Akreditasi C dari Kementerian Hukum dan HAM pada bulan Desember tahun 2018 lalu.

Suardi syam Ketua LBH Butta toa mengatakan bahwa Tujuan dari kerjasama ini adalah agar masyarakat bantaeng mengetahui bahwa di polres bantaeng telah disiapkan pendampingan hukum secara gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Selama ini masih banyak perkara yang ditangani oleh polres Bantaeng tidak di dampingi oleh Penasihat Hukum karena ketidak tahuan, jika di bantaeng telah ada pendampingan hukum gratis (Prodeo) melalui LBH Butta Toa Bantaeng.

Dalam pertemuan tersebut Kapolres Bantaeng merespon baik rencana kerjasama tersebut, mengingat selama ini belum ada LBH yang menjalin kerjasa dengan polres bantaeng terkait pendampingan hukum secara gratis.

Dalam pertemuan ini Kapolres Bantaeng Akbp. Adip Rojikan juga memberi selamat kepada LBH Butta Toa karena telah berhasil mendapatkan Akreditasi dari Kementerian Hukum dan HAM.

Alumni Fakultas Hukum Unhas ini juga menambahkan bahwa Kerjasama ini juga adalah pelaksanaan dari UU No.16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum karena undang-Undang tersebut telah menjamin pelaksanaan bahwa semua orang sama di depan hukum termasuk masyarakat yang tidak mampu, salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan hukum secara gratis adalah harus memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa/Lurah tempat dimana orang yang bersangkutan berdomisili.

Kami berharap dengan adanya kerjasama ini polres bantaeng terutama penyidik pada saat menangani perkara dapat menyampaikan kepada masyarakat yang tersangkut masalah hukum bahwa di bantaeng telah ada pengampingan hukum secara gratis melalui LBH Butta Toa Bantaeng, Tutup suardi syam.(alimin)

Komentar

News Feed