oleh

Prof Atja Perjuangkan Indonesia Sehat

-Aneka-382 views

Matarakatmu | “You are what you eat,”  anda adalah apa yang anda makan. Ungkapan ini sebenarnya ingin mendeskripsikan bahwa makanan sangat mempengaruhi pikiran dan tubuh kita, akhirnya akan membentuk diri kita. Untuk mendapatka tubuh yang sehat dan bugar, makanan merupakan hal yang wajib diperhatikan.

Makanan yang sehat adalah makan yang memiliki gizi yang seimbang. Terdapat empat pilar gizi seimbang yaitu konsumsi makanan yang beragam, perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik dan memantau dan memperhatikan berat badan norma. Kenyataannya tidak ada satupun makan yang mengandung gizi lengkap yang mampu memenuhi kecukupan gizi individu, kecuali ASI untuk bayi 0 – 6 bulan.

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan dan kebersihan ternyata masih kurang. Meskipun telah didukung informasi hidup sehat yang bertebaran di sosial media, data Kementrian Kesehatan mencatat bahwa hanya 20 persen dari total masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kesehatan dan kebersihan.

Data Kementerian Kesehatan RI 2017 menunjukan masih ada 7 juta kasus diare di masyarakat Indonesia yang mengancam kesehatan bahkan membahayakan nyawa. Jumlah ini meningkat dari 6,8 juta pada tahun 2016. Hal ini menjadi fokus perhatian Prof Atja sebagai praktisi kesehatan. Pria kelahiran Tual ini menjadikan Indonesia sehat sebagai misi utama.

Lulusan SEAMEO Tropmed-PH ini memahami betul bahwa membiasakan masyarakat hidup sehat dan bersih adalah salah satu kunci untuk menghindarkan masyarakat dan lingkungan dari paparan infeksi. Misinya untuk menjadikan Indonesia sehat akan menjadi angin segar bagi masyarakat. Calon legislatif RI dari partai PDI Perjuangan yang terkenal dengan sikap merakyatnya ini bahkan tak segan berbagi dan memberikan konsultasi kesehatan.

Bahkan untuk mengenali masalah kesehatan lebih dekat, Guru Besar Fakultas Masyarakat Universitas Hasanuddin ini telah membentuk group whats’up untuk konsultasi kesehatan gratis. Masyarkat merasa dekat dengan pribadi Prof yang sederhana. Hal ini membuat ayah dari 4 orang anak ini memiliki ruang tersendiri di hati masyarakat dan mendukung perjuangannya meraih kursi legislatif pada April 2019 nanti. Prof akan bertarung dengan para calon legislatif RI lainnya di daerah pemilihan satu yaitu Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar. Irma

 

Komentar

News Feed