oleh

Harga Tiket Menjulang Industri Pariwisata “Terjun Bebas”

MAKASSAR – Kegelisahan dunia industri di kawasan Indonesia Timur terhadap kebijakan yang diambil pihak penerbangan dengan menaikkan harga tiket menjadi kekhawatiran, terutama industri pariwisata.bisa “Terjun Bebas”.

Salah satu kena dampak adalah penggiat di industri pariwisata, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) juga mengeluh akibat naiknya harga tiket pesawat.

“Kita bicara ini bukan lagi sebagai stakeholder pariwisata, tapi kami mewakili pelanggan. Pelanggan yang membeli tiket di travel kami memang sangat mengeluhkan hal itu,” ungkap Ketua ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba di Panbakers Latimojong, Kamis (24/1/2019).

Dengan naiknya harga tiket pesawat, pihak ASITA mengaku mengalami penurunan tingkat penjualan mencapai 30 – 50 persen.

Pihaknya juga mengeluhkan pertimbangan seperti apa yang diambil pihak Airlines dan menteri Perhubungan yang tidak sensitif mendengar keluhan dari pelanggan.

“Saya tidak tahu bagaimana pertimbangannya Indonesia National Air Carrier Association (INACA) dan Menhub sehingga ada suatu perhitungan harga seperti itu, mestinya ini ditanggapi. Kenapa sudah tidak ada servisnya, tetap dikasih bayar bagasi dan beli tiket mahal?,” keluhnya.

Tambahnya, pihak penerbangan Garuda memang sudah menurunkan harga, namun masih belum merata dan penurunan harga tiket hanya berfokus pada beberapa konsentrasi rute penerbangan saja. “Garuda saya baca statementnya di koran dia sudah mulai turunkan harga bottom pricenya 50%. Tetapi kan belum merata masih setengah hati,” tambahnya.

Sekarang fenomena yang dilihat ASITA, lanjutnya, maskapai nasional menaikkan harga tiket karena lagi low season. “Maskapai tidak lagi melihat kuantitas, tetapi kualitas. Orang membeli tiket satu kali mahal yang seharga membeli untuk 3 tiket,” katanya.

Pihaknya mengaku sudah bersurat langsung ke Presiden dan berharap nantinya ada suatu gaung yang besar yang bisa menyuarakan sehingga bisa didengar dan mengkaji ulang keputusan ini.

Komentar

News Feed