oleh

PPM PT Vale Menjadi Percontohan Agen Penggerak Pembangunan Desa

-Aneka-354 views

Matarakyat | Peserta kaji tiru program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat PT Vale diharapkan menjadi agen-agen penggerak pembangunan kawasan perdesaan mandiri. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) kerjasama dan pengembangan kapasitas, Pengembangan Kawasan Perdesaan-Kementerian DesaTertinggal dan Transmigrasi (PDTT) , Ir. Eko Sriharyanto M.Si dalam ramah tamah dan gala dinner yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Yogyakarya (24/01/19).

Ramah tamah ini dihadiri oleh tim Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian ESDM, PT Vale Indonesia Tbk, Kepala Desa Ponggok- Klaten Jawa Tengah, serta para peserta kaji tiru dan bimtek yang terdiri dari para kepala desa di wilayah pemberdayaan PT Vale, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Tim Koordinasi PPM Kabupaten Luwu Timur, dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selama lebih dari seminggu, para peserta kaji tiru dan bimtek belajar di Desa Ponggok dan desa-desa sekitarnya yang dinilai sukses dalam membangun kawasan perdesaan mandiri. “Ponggok adalah inspirasi bagaimana potensi desa dikembangkan dengan potensi yang ada”, ujar Eko.

Menurutnya, selain sumber daya alam, kunci kesuksesan Ponggok adalah semangat kepemimpinan, ketulusan dalam bekerja serta komitmen bersama masyarakat untuk membangun desa. “karena itu, penting mencari champion-champion di desa yang punya komitmen untuk menggerakkan asset-aset desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Imam Bustam, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat, Dirjen Mineral dan Batubara, Kementeiran ESDM mengatakan bahwa, Regulasi ESDM mengarahkan semua elemen baik pemerintah dan swasta bersinergi dalam program pengembanan dan pemberdayaan masyarakat.

“Hasil kaji tiru sebaiknya ditindaklanjuti dengan langkah-langkah yang kongkrit dan terukur, sebab jika berhasil, ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan pertambangan yang lain,” pungkas Imam.

Komentar

News Feed