oleh

Harga Tiket Melangit KPPU – Kemenhub “Satu Meja”

MAKASSAR | Harga tiket pesawat tetap tinggi Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) turun melakukan penyelidikan dugaan adanya permainan pihak maskapai.

Terkait dengan kenaikan harga tiket pesawat yang dilakukan oleh beberapa maskapai di Indonesia. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI kini telah mendalami hal tersebut salah satunya dengan melakukan pertemuan bersama Kementerian Perhubungan.

Komisioner KPPU, Guntur Saragih yang ditemui di kantor KPPU Sulsel, Jumat (1/2/2019), mengatakan pertemuan dengan Kementerian Perhubungan belum mendapat jawaban atau solusi dari pihak pemerintah.

“Belum ada jawaban pasti yang kita terima terkait kenaikan harga tiket pesawat,” ujarnya

Guntur Saragih juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah meminta keterangan apakah kesepakatan harga yang dilakukan Indonesia National Air Carriers Association atau INACA, merupakan hasil dari kebijakan pemerintah, namun hingga hari ini KPPU masih belum mendapat Jawaban dari pertanyaan tersebut.

Lanjut Komisioner KPPU tersebut menjelaskan, menurut KPPU jika INACA menaikkan harga tiket sesuai dengan keputusan pemerintah, maka sesuai dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 1999 yakni diberikan advokasi kebijakan.

Namun jika bukan keputusan atau kebijakan dari pemerintah maka hal tersebut berpotensi sebagai pelanggaran.

Menyikapi tingginya harga tiket ditambah bagasi berbayar yang mahal Guntur Saragih menambahkan, selain kenaikan harga tiket KPPU juga menelusuri sebab kenaikan harga jasa kiriman.

“Hal ini disinyalir berpotensi masuk sebagai kartel jika pelaku usaha bersepakat untuk menetapkan harga dengan pelaku usaha yang menjadi pesaingnya dan jika terbukti maka akan dikenakan denda sebabnya Rp 2 Milyar,” kuncinya

Komentar

News Feed