oleh

Tak Berlabel Halal 18 Perusahaan Minta Ditutup

MAKASSAR || Aliansi Rakyat Tuntas (ART) tuntut tegas pemerintah pusat saat melakukan aksi unjuk rasa (UNRAS) sabtu sore,  (02/02/19) di outlet Alfa mart,Indomaret, giant expres, PHD, Carefour, MC’Donald, sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar .

Aksi tersebut dilakukan terkait, distribusi produk barang Import yang tidak layak di konsumsi oleh rakyat Indonesia, yang mayoritas muslim, produk tersebut di supplay dan dipasarkan secara umum oleh PT.Sukanda Djaya yang di naungi oleh Diamond grub Internasional.

Salah satu peserta aksi Ari Mustari M, mengaku kecewa dengan beberapa Outlet franchise yang bekerjasama dengan perusahaan pengedar barang yang tidak berlabel halal dan tidak steril untuk di konsumsi .

“Selaku konsumen yang sering menjadi pelanggan Alfa mart, Indomaret, Mc’donald,  saya merasa dirugikan selaku masyarakat awam, saya mengira bahwa produk-produk yang di pasarkan secara massive itu, sudah sah untuk di konsumsi secara umum dan steril “.

Jenderal lapangan A. Taufik, yang kerap disapa Aan ini, dalam orasinya mengatakan, bahwa setiap perusahaan yang bekerja dengan pihak pelanggar hukum juga ikut terlibat di dalamnya dengan ketentuan sanksi yang sama .

“Bahwa ada 4 undang-undang yang di langgar oleh perusahaan, yakni UU perlindungan konsumen, UU Pangan, UU Perdagangan, dan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dimana Pemerintah Pusat secara nasional dan Pemprov Sulawesi Selatan secara khusus, harus mencabut izin usaha 18 perusahaan yang di sinyalir bekerjasama dengan PT.Sukanda Djaya yang memiliki 17 cabang di Indonesia ” Ujar Aan .

Massa yang tergabung dalam ART adalah perwakilan beberapa organisasi dimana aksi ini masih sebagai tahap prakondisi, aksi selanjutnya akan dimaksimalkan dengan massa (-,+) 700 orang lebih, bila pihak pemerintah tidak melakukan langkah tegas dalam memberikan sanksi terhadap setiap perusahaan yang secara jelas melanggar kebijakan negara dan pemerintah Republik Indonesia.

Komentar

News Feed