oleh

Alhamdulillah, RPJMD Kota Palopo Disetuji Wakil Rakyat

PALOPO | Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Palopo tahun 2018-2023 disetujui dan akan dibahas pada tingkat lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. Hal tersebut menjadi keputusan bersama DPRD kota Palopo, setelah mendengar penjelasan dan jawaban wali kota atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap RPJMD kota Palopo tahun 2018-2023, pada rapat paripurna yang digelar di ruang sidang utama DPRD kota Palopo, Kamis 7 Februari 2019.

Dalam penjelasannya, Wakil Walikota Palopo H. Rahmat Masri Bandaso(RMB), yang hadir mewakili Walikota pada kesempatan itu menyampaikan RPJMD kota palopo tahun 2018-2023 tersebut terdiri dari visi, misi, tujuan, sasaran, indikator serta peserta program realisasi pembangunan guna mencapai 5 sasaran pembangunan kota palopo ke depan. Adapun kelima sasaran pembangunan tersebut yakni

-Kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat;
-kapasitas infrastruktur dan pengelolaan lingkungan;
-Layanan dasar dan public tata kelola sumber daya manusia aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan;
-Daya saing dan daerah; dan,
-Pengelolaan dan optimalisasi pendapatan asli daerah.

“Hal tersebut menjadi fokus bagi pemerintah daerah untuk ditangani bersama stakeholder terkait. Dimana hal tersebut juga menjadi masalah yang banyak disoroti fraksi-fraksi di DPR Kota Palopo,” ungkap Wakil Walikota.

RMB menambahkan, pembangunan yang tercantum dalam RPJMD adalah pemenuhan dasar kebutuhan masyarakat melalui 6 standar pelayanan minimal, pelaksanaan 5 misi dan dalam implementasinya akan dilaksanakan dalam 12 program pembangunan.

Pada kesempatan itu juga, RMB mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas masukan, pendapat dan saran dari fraksi-fraksi DPRD Kota Palopo. “Ini akan menjadi perhatian kami selaku penyelenggara pemerintahan. Dan RPJMD ini akan
menjadi landasan kita dalam melakukan pembangunan ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Rapat Paripurna ke 5 masa sidang ke 1 tahun 2019 tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Palopo Harisal Latief, didampingi Wakil Ketua dan diikuti para anggota DPRD kota Palopo, para Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah dan Camat Lingkup Pemkot Palopo.

Komentar

News Feed