oleh

Pengusaha Tambang Dimanjakan Kementerian ESDM

MAKASSAR | Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar Sosialisasikan Aplikasi Mineral Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP guna mempermudah pengusaha tambang melakukan pelaporan, di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Jl. Andi Djemma 130 Tamalate, Kota Makassar, Selasa (12/2/2019).

“Begini kitakan memproduksikan hasil tambang kita, hasil produksi ini jumlahnya berapa perhari, dari jumlah produksi ini dihitung royalti dan pajaknya seperti apa, kalau mereka melaporkan setiap hari maka kita bisa menghitung secara langsung akurat berapa royalti dan pajak yang bisa diterima untuk negara,” ujar Arcandra Tahar.

Dengan kedua aplikasi ini Arcandra Tahar berharap apapun hasil tambang yang diekspor semua termonitor secara Nasional.

“Kemudian kita juga tahu persis tujuan expornya kemana, jenis yang diekspor apa, siapa pembelinya dan ini tercatat semuanya, dengan adanya data yang begitu banyak ini maka kita berharap apapun nanti tambang yang akan diekspor datanya semua termonitor secara Nasional,” jelasnya.

Sementara itu Wamen Arcandra Tahar juga mengajak pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov Sulsel untuk bersama mendukung sosialisasi MOMS dan e-PNBP agara dapa mempermuda rantai komunikasi sehingga lebih efisien.

“Yang sudah menjadi wewenang kita dipusat itu sudah 100 persen semuanya termasuk dalam hal ini tambang – tambang besar itu sudah melaporkan setiap hari namun demikian yg di daerah yang menjadi kewenangan gubernur kita harapkan juga bisa melakukan hal yang sama sehingga apa yang di produksi masing-masing daerah itu bisa tercatat secara Nasional,”ungkapnya

Minerba Online Monitoring System (atau disingkat MOMS) merupakan sistem yang dibangun oleh Kementerian ESDM untuk mempermudah proses pelaporan realisasi kegiatan produksi dan penjualan dari para pemegang IUP komoditas mineral dan batubara, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari kegiatan evaluasi dan pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah
Daerah.

MOMS dapat menjawab tantangan dan kebutuhan atas data dan informasi yang lengkap, akurat, near real-time, dan
mudah diakses, dimana hal ini tentunya dapat memberikan manfaat yang sangat positif baik untuk Pemerintah (sebagai acuan penyusunan peraturan dan kebijakan), maupun bagi para pemegang IUP komoditas mineral dan batubara (sebagai sistem terpadu yang dapat mengukur capaian dan kinerja Perusahaan).

Selain MOMS, Kementerian ESDM juga membuat sebuah sistem yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan PNBP Mineral dan Batubara bernama e-PNBP Minerba. e-PNBP Minerba merupakan sistem pembayaran PNBP secara online, sehingga pembayaran PNBP menjadi lebih cepat dan tepat.

Aplikasi e-PNBP Minerba yang disusun oleh Kementerian ESDM merupakan sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi Minerba One Data Indonesia (MODI), serta aplikasi SIMPONI milik Kementerian Keuangan, sehingga e-PNBP sangat memberikan kemudahan dalam membantu proses perhitungan
kewajiban PNBP yang harus dibayarkan oleh pemegang IUP, serta sebagai sistem yang memudahkan pemegang IUP untuk
membayar kewajibannya dengan lebih cepat dan tepat, sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.(noya)

Komentar

News Feed