oleh

Rencananya Jatah Rastra Rukiah Akan Direvisi

BULUKUMBA.- Kepala Dinas Sosial Syarifuddin didampingi stafnya, Jumat (8/3) sore menggelar Konferensi Pers, di media center, Kantor Bupati Bulukumba.

Dihadapan awak media, Syarifuddin menyampaikan akan melakukan merevisi Rukiah (60), warga Desa Bontobarua, Kecamatan Bontotiro sebagai penerima Beras Sejahtera (Rastra).

Rencana merevisi penerima Rastra setelah dia bersama Plt Camat Bontotiro menyambangi kediaman Rukiah beberapa waktu lalu, terkait laporan Rukiah ke DPRD beberapa waktu lalu.

Dan sesuai penilaian dia, Rukiah dianggap sudah tidak termasuk kategori penerima manfaat.

” Kemarin sudah kita kunjungi rumah Rukiah dan rumahnya tidak lagi masuk kategori miskin,” beber Syarifuddin dihadapan sejumlah jurnalis.

Memyinggung soal kategori warga miskin atau tidak, Syarifuddin mengaku melihat kondisi rumahnya, meski itu bukan miliknya.

” Jadi kita lihat dimana dia tinggal, bukan siapa punya, yang pasti tempat tinggal Rukiah sudah termasuk kategori mampu,” jelas Syarifuddin.

Makanya, kata Syarifuddin, dia berencana akan mengusulkan Rukiah untuk tidak lagi menerima Rastra, itupun setelah ada hasil rapat pemerintah desa, terkait berita acara pengalihan Rastra.

Dan menurutnya, saat ini Rukiah masih menerima Rastra, karena pengalihan Rastra tidak serta merta dilakukan. ” Harus ada berita acara  dari Pemerintah Desa ke kabupaten selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Pusat, karena jatah Rastra berasal dari pusat dan data penerima ada di pusat,” jelasnya.

Dijelaskan pula, bantuan dari Pemerintah pusat termasuk Rastra merupakan stimulan. ” Jadi jika penerima Rastra dianggap sudah mampu, maka Rastra tersebut kita alihkan kepada mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Saat ini, penerima Rastra di Kabupaten Bulukumba sebanyak 18.625 Kepala Keluarga (KK), dan setiap bulan menerima 10 Kilogram per KK.

Sebelumnya Rukiah saat mendatangi DPRD Bulukumba, mengaku sejak 2019, dia tidak lagi mendapatkan Rastra dan karena tidak mendukung Kaharuddin Titi sebagai Kepala Desa saat Pemilihan yang lalu.- Suaedy.-

Komentar

News Feed