oleh

Hadiri RUPS BUMD PT. Bumi Timur Mineral, Ini Harapan Bupati Luwu Timur

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

MAKASSAR || Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, berharap ada perubahan dan peningkatan kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Bumi Timur Mineral. Harapan ini disampaikan orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini saat membuka Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bumi Timur Mineral, di Hotel Swiss Bellin Makassar, Sabtu (09/03/2019).

Menurut Husler, BUMD memiliki peran penting dalam mewujudkan kemakmuran daerah dengan memberikan kontribusi terhadap Penerimaan PAD baik dalam bentuk deviden atau pajak.

Secara makro, kata Husler, peranan BUMD terhadap perekonomian daerah dapat diukur melalui kontribusi nilai tambahnya terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan kemampuannya menyerap tenaga kerja.

Sebagai pimpinan daerah, Husler merasa yakin jika perusahaan dikelola secara profesional, proporsional dan memahami benar pentingnya manajemen organisasi yang sehat, maka perusahaan tersebut akan berkembang dan meraup laba yang besar.

Husler melanjutkan, saat ini BUMD Luwu Timur masih jadi sorotan publik, mengingat selama dibentuk, kontribusi BUMD masih minim terhadap peningkatan PAD dibandingkan penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur yang cukup besar.

“Padahal, BUMD ini seharusnya diharapkan bisa memberikan kontribusi positif dan menjadi salah satu sumber PAD bagi Pemkab Luwu Timur,” tekan Husler.

Husler mengatakan dirinya tentu tidak menginginkan BUMD yang dibentuk ini mengalami kegagalan bahkan menjadi salah satu masalah keuangan daerah, karena kalau ini terjadi bukan hanya gagal menjadi sumber penerimaan, tetapi juga dapat membebani keuangan daerah.

Olehnya itu, Husler berpesan kepada seluruh peserta RUPS untuk merumuskan dengan baik dan menerapkan strategi pengembangan usaha yang aman. Disamping memantapkan struktur permodalan yang sehat dan memiliki daya saing, juga melakukan pembenahan-pembenahan agar mampu bekerja secara optimal.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bumi Timur Mineral, Herman TD mengatakan, RUPS kali ini juga membahas paparan rencana kerja BUMD PT. Bumi Timur Mineral 2019, Update Laporan Keuangan, update kegiatan, penetapan pemegang saham dan penetapan struktur baru serta pembahasan kompensasi Direksi dan Komisaris.

RUPS ini dipimpin oleh Direktur Utama, PT. Bumi Timur Mineral, Herman TD, didampingi Komisaris, Andi Mariyadin, serta jajaran direksi dan komisaris lainnya. Hadir pula Ketua DPRD Kab. Luwu Timur, Amran Syam, Komisaris PT. Bumi Timur Mineral dan direksi, Plt. Asisten II, Budiman, Kadis PTSP, Andi Habil Unru.

Dalam pertemuan ini, beberapa agenda penting dan strategis dibahas seperti menetapkan anggaran dasar dan rencana bisnis (bussines plan) perusahaan, serta menyempurnakan dan merubah komposisi pernyertaan modal dan pemegang saham serta Rencana Bisnis PT. Bumi Timur Mineral dan Mitra perusahaan yakni, PT. Mifsui Family Sifang, PT. Adhi Multy Qualty, PT. Taruna Mandiri, PT. Asia Pacific Mining Resource, PT. Citra Lampia Mandiri.

Liputan : Hms | Editor : Arif Tella

Komentar

News Feed