oleh

Dharmasanti Umat Hindu Makassar Dalam Perayaan Nyepi

Makassar, — Umat Hindu Kota Makassar melaksanakan Dharmasanti dan menjamu makan malam para tamu yang hadir di hari perayaan Nyepi tahun baru Caka 1941 di Hotel Harper, Jln Perintis Kemerdekaan, Sabtu 16 Maret 2019.

Kepada wartawan, Ketua Parisada Hindu Dharma Dewa Nyoman Mahendra menjelaskan perayaan ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan keagamaan umat Hindu di Kota Daeng.

“Setiap pelaksanaan Hari Raya Nyepi kita memulai kegiatan bakti sosial untuk bertujuan bagaimana Umat Hindu dapat berharmonisasi dengan umat yang lain dan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Lebih jelas Dewa Nyoman Mahendra menuturkan selain berbagi kepada umat Hindu yang kurang mampu. Kegiatan sosial ini juga membantu kepada para korban-korban bencana alam yang terjadi selama ini.

“Kita memulai bakti sosial dengan umat kita yang belum beruntung dan umat lain yang mengalami bencana alam, selebihnya kita melakukan bakti sosial berupa donor darah dan checkup kesehatan gratis,” ucap dia.

Untuk pelaksanaan Ritual keagamaan umat Hindu sendiri melaksanakan penyucian serta beribadah bersama di Pura Girinata berupa Melasti.

“Puncaknya adalah hari ini kita melaksanakan Dharma Santi, kegiatan ini sama dengan silaturahim jadi kita melaksanakan silaturahmi antara Umat Hindu sendiri, unsur pemerintah serta para tokoh-tokoh agama lainnya,” akunya.

Tak hanya itu Nyoman Mahendra melontarkan harapan-harapannya di tahun ini agar umat manusia senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Saya berharap tentu di tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Melalui Catur Brata Penyepian, Kita Sukseskan Pemilu 2019, supaya kita bisa memilih pemimpin yang amanah, bisa mengayomi semua umat beragama yang ada di Indonesia dan memajukan juga mensejahterakan masyarakat Indonesia dalam bingkai NKRI,” tutup Nyoman.

Komentar

News Feed