oleh

PGDI Sulselbar Pusatkan Kegiatan WOHD tahun 2019 Di Kota Palopo

PALOPO | Persatuan Ikatan Dokter Gigi Indonesia (PGDI) wilayah Sulawesi Selatan dan barat, melaksanakan kegiatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut sedunia 2019 atau World Oral Health Day (WOHD) 2019 yang di pusatkan di Kota Palopo. yang berlangsung dilapangan gaspa Sabtu 22 Maret 2019.

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut sedunia  atau World Oral Health Day (WOHD), jatuh pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Dimana untuk rangkaian kegiatan pada tahun 2019 Kota Palopo menjadi rujukan untuk pelaksanaan kegiatan.

Mengangkat tema Tumbuh Kembang Optimal dengan Senyum Sehat Menuju Indonesia Bebas Karies 2030. Ketua pengurus wilayah PDGI se sulsel bar Dr. drg. Asdar Gani, M. Kes menyampaikan bahwa masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan persoalan tinggi di Indonesia dan di sulsel ada sekitar 70% penderita kesehatan gigi dan mulut.

Lanjutnya, setelah konsultasi dengan ketua Tim penggerak PKK sulsel akan dilaksanakan pencanangan gerakan sulsel bebas karies 2030 dan pencanangan tersebut akan bekerjasama dengan TP PKK se sulselbar.

” mengapa harus melibatkan PKK karena masalah ini tidak akan selesai apabila diatasi oleh satu sektor saja bukan hanya dari kesehatan tapi harus didukung sepenuhnya baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah tangga.” Ungkap Asdar Gani.

Sambutan gubernur sulsel yang diwakili oleh kepala dinas kesehatan prov sulsel Dr. dr. Bachtiar Baso, M.Kes Berharap agar menyelesaikan persoalan-persoalan terkait dengan kesehatan gigi dan mulut oleh karena itu pemerintah provinsi mendukung baik program PDGI sulsel bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK.

Lanjutnya bahwa akan dibangun Rumah sakit dengan berlantai 7 atau 8 di jalan imam bonjol dengan anggaran yang akan disiapkan sekitar 150 milyar dengan target 2 tahun pembangunan serta rumah sakit ini nantinya akan jadi penopang se luwu Raya, toraja dan toraja Utara.

Sementara itu walikota palopo HM Judas Amir menyampaikan semoga kegiatan pada hari ini bermanfaat bagi masyarakat kota Palopo. Ia juga mengucapkan selamat datang di kota palopo kepada seluruh peserta WOHD 2019.

“Kita selalu berupaya bagaimana palopo ini dari setiap hal yang dibutuhkan masyarakat kita hadirkan termasuk memberiakan dan menjaga kesehatan masyarakat,” ungkap Walikota.

Usai membuka kegiaran, Dilanjutkan dengan pelepasan balon bersama dan penandatanganan komitmen percepatan bebas karies 2030 se sul-sel bar, serta penyerahan plakat serta senam kesehatan gigi yang di ikuti 1000 siswa.

Tampak Hadir ketua PKK Kota Palopo dr. Hj. Utiasari Judas, M.Kes, Wakil Bupati Luwu Utara M. Thahar Rum, kadis kesehatan, ishaq Iskandar, ketua PDGI cabang Palopo, drg. Andi Murniawati, M.Kes,

Komentar

News Feed