oleh

Wali Kota Palopo Sampaikan Ini di Sidang Paripurna DPRD

PALOPO | Dalam rangka penetapan 7 peraturan daerah Kota Palopo, Walikota sidang paripurna DPRD Kota Palopo dan an Mengikuti Pembahasan Laporan hasil pembahasan Pansus I Tahun 2018 terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Palopo tentang Kota Layak Anak.

Sesuai Surat Keputusan DPRD Kota Palopo Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pembentukan Pansus dalam rangka pembahasan 10 (sepuluh) jenis Rancangan Peraturan daerah Kota Palopo, untuk Pansus I Tahun 2018 diberikan amanah membahas 3(tiga) jenis Rancangan Peraturan Daerah masing-masing sebagai berikut :
Ranperda tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Pemerintah Kota Palopo;

Ranperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman; dan Ranperda tentang Kota Layak Anak. yang dapat kami selesaikan sampai hari ini adalah Ranperda tentang Kota Layak Anak.

Juga membahas tentang Laporan hasil pembahasan yang dilaksanakan oleh pansus terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Raperda tentang Pencabutan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pembentukan Peraturan Daerah Kota Palopo.

Sesuai Surat Keputusan DPRD Kota Palopo Nomor 8/DPRD/VII/2017 tentang Pembentukan Panitia Khusus dalam rangka pembahasan 6 (enam) jenis Rancangan Peraturan Daerah Kota palopo. Pansus I Tahun 2017 diberikan amanah untuk membahas 3 (tiga) jenis rancangan Peraturan Daerah masing-masing sebagai berikut :

Raperda tentang Pelaksanaan Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakiulan Rakyat Daerah Kota Palopo;
Raperda tentang Kawasan Tanpa Rokok;

Raperda tentang Pencabutan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pembentukan Peraturan Daerah Kota Palopo;

Dari ketiga jenis Raperda yang diamanatkan kepada Pansus I Tahun 2017, satu ditetapkan menjadi Perda yaitu Raperda tentang Pelaksanaan Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palopo.

Lanjut kemudian membahas tentang hal sesuai Surat Keputusan DPRD Kota Palopo Nomor 3/DPRD/I/2018 tentang Penentuan Kembali Panitia Khusus dalam rangka pembahasan 4 (empat) jenis Ranperda. Pansus I diberikan amanah untuk membahas 4 jenis rancangan Peraturan Daerah masing-masing sebagai berikut :
Raperda tentang Susunan Perangkat Daerah Kota Palopo;

Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Palopo Nomor 8 Tahun 2013 tentang Penyelanggaraan Administrasi Kependudukan di Kota Palopo;

Raperda tentang Penyeleanggaraan Ketenagakerjaan;

Raperda tentang Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik. Dari keempat jenis Ranperda yang diamanatkan kepada Pansus I, tiga diantaranya telah ditetapkan menjadi Perda yaitu Raperda tentang Susunan Perangkat Daerah Kota Palopo, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Palopo Nomor 8 Tahun 2013 tentang Penyelanggaraan Administrasi Kependudukan di Kota Palopo, dan Raperda tentang Penyeleanggaraan Ketenagakerjaan. Dan Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan Laporan hasil pembahasan pansus I terhadap Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik yang merupakan tanggung jawab terakhir dari pansus ini.

Adapun penyampaian Walikota Palopo HM Judas Amir, dalam sambutannya mengatakan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Palopo atas pelaksanaan sidang paripurna penetapan 7 peraturan daerah Kota Palopo pada saat ini

Lanjut walikota “sejalan dengan nafas otonomi daerah Yang intinya adalah kemandirian daerah maka komponen pelengkap yang mutlak harus ada dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah Tersedianya instrumen hukum berupa perangkat aturan perundang-undangan yang memadai yang dapat menjadi payung hukum dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah Kota Palopo”

Walikota menyampaikan pula “Berbagai dinamika dan proses yang panjang dalam pembahasan telah dilalui dengan semangat dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan yang bertanggung jawab sehingga substansi norma yang diatur dalam ranperda telah mengalami penajaman dan penyempurnaan atas masukan dan saran yang diberikan oleh panitia khusus DPRD Kota Palopo untuk itu sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan oleh anggota dewan selama pembahasan.” pungkasnya.

Adapun Perda yang disusun yaitu Perda tentang perusahaan Umum Daerah Air Minum Perda tentang kawasan tanpa rokok Perda tentang pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik Perda tentang rencana pembangunan industri Kota Palopo tahun 2018-2023 ini sebagai pedoman dalam rangka rencana pembangunan industri wilayah Kota Palopo utamanya dalam rangka mengembangkan industri unggulan di Kota Palopo yaitu Kakao rumput laut ayam kampung dan pengelolaan sagu kemudian Perda tentang perubahan atas peraturan daerah Kota Palopo Nomor 7 Tahun 2006 tentang peternakan dan penertiban nya dan Perda tentang kota layak anak.

Hadir Walikota Palopo HM Judas Amir, Ketua dan Anggota Dewan, Sekkot Palopo H.Jamaluddin, Asisten 3 Munasirah, para kepala SKPD , dan para undangan lainnya.

Komentar

News Feed