oleh

Departemen Obgin Universitas Hasanuddin Gelar Baksos

PALOPO |Departemen Obstetry Dan Ginekologi (Obgin) Fakultas Kedokteran Unhas menyelenggarakan bakti sosial (bakos) yang bertemakan “kesehatan perempuan dalam berbagai periode kehidupan dan bakti sosial pelayanan USG pada ibu hamil, pemeriksaan IVA dan pelayanan KB” di Ruang Pola Kantor Walikota, Sabtu 30 Maret 2019.

Dalam laporannya Ketua Departemen Obgin FK UH Prof. Dr. dr. Syahrul Rauf menyampaikan bahwa agenda kali ini merupakan baksos yang dilaksanakan oleh Departemen Obgin Universitas Hasanuddin sebagai wujud tri darma Perguruan Tinggi.

” kegiatan yang dikemas daam.baksos ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Palopo, ini dikarenakan kami melihat bahwa di Kota Palopo adalah daerah yang mengalami perkembangan saat ini”.ungkap Prof. Syahrul

Lanjutnya, dengan melihat perkembangan tersebut danmelihat bahwa masyarakatnya yang majemuk daj terbilang padat sehingga sangat tepat melakukan kegiatan baksos khususnya bagi masyarakat perempuan agar dapat mendapatkan pengerahuan dan informasi kesehatan.

Pada kesempatan tersebut Prof. Syahrul juga atas nama Departemen obgin fakultas kedokteran unhas mengucapkan terima kasih kepada Walikota Palopo beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan baksos di Kota Palopo.

” saat ini salah satu kasus di bidang kesehatan di Provinsi yang dihadapi adalah banyaknya rujukan dari berbagai dan daerah salah satunya adalah Kota Palopo, dan salah satu kasus yag ada adalah kanker yang di terima kebetulan diterima rujukannya.” Jelas Prof. Syahrul.

Ditambahkan Prof. Syahrul melalui kegiatan seminar, ia berharap apa yang disampaikan betul-betul bermanfaat bukan hanya dari kalangan peserta tetapi untuk untuk semua yang terlibat, agar bisa lebih mengenal berbagai macam penyakit khususnya terhadap kaum perempuan.

Sementara Walikota Palopo yang diwakili Staf Ahli bidang kemasyarakatan Setda Kota Palopo Dr. HM Suyuti Yusuf menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.

Dr. HM Suyuti berharap semoga kehadiran para dokter di kota Palopo dapat membawa angin segar dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum perempuandi kota palopo.

” kami mengapresiasi kepada panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan tentunya akan membawa manfaat besar bagi masyarakat” ungkap DR. Suyuti

Ia juga berharap melalui kegiatan tersebut para perempuan lebih memperhatikan hal hal menyangkut kesehatannya dan membuka mata para perempuan bahwa disekitar tubuhnya banyak hal hal yang mungkin saja menjadi sumber penyakit.

” melalui kegiatan ini kaum petempuan dapat lebih waspada dan dapat melakukan pencegahan sedini mungkin sehingga perempuan Indonesia khususnya di kota palopo dapat meningkatkan derajat kesehatannya”. Tandasnya.

Dalam rangkaian bakos juga dilakaanakan seminar terkait tema dengan menghadirkan pembicara diantaranya dr. Eddy Tiro, Sp.OG, dr. Darmasyanty, Sp. OG, dr. Imam Ahmadi Farid, Sp. OG, Dr.dr. St Maisuri T. Chalid, Sp. OG

Selain seminar, juga dilakukan layanan di beberapa puskesmas di Kota Palopo dimana salah satunya di puskesmas Wara dan satunya lagi di Kabupaten Luwu di puskesmas Bua.

Selain para dokter dan bidan, turut hadir kadis kesehatan kota palopo Dr. Ishaq Iskandar dan seluruh kader posyandu se-kota palopo.

Komentar

News Feed