oleh

KPU Soppeng Gelar Lomba Foto Selfie dan Vlog, Ini Tujuannya

MATARAKYATMU | Upaya meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu serentak 2019, ada banyak cara dilakukan untuk menarik masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi TPS pada 17 April 2019 nanti.Langkah unik diambil  KPU Kabupaten Soppeng dengan menggelar Lomba Selfie dan Vlog. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan edukasi politik kepada masyarakat bahwa hak suara yang dimiliki merupakan wujud kedaulatan pemilih dalam berdemokrasi di Indonesia, khususnya di Soppeng.

Dihubungi via ponsel, Muhammad Hasbi, S.IP., M.Si. Ketua KPU Kabupaten Soppeng, “Kami optimis dengan target tingkat partispasi pemilih mencapai 80% dan mengharapkan kegiatan ini menjadi daya dorong bagi pemilih untuk datang ke TPS serta dapat menjadikan pemilu lebih santai dan semarak warga datang menyalurkan hak kedaulatan politiknya di TPS di hari Rabu 17 April 2019 dengan gembira”, ungkap Hasbi.

Salah satu juri dalam pelaksanaan kegiatan ini mengatakan bahwa lomba ini sekaligus mencerminkan bagaimana bukti apresiasi secara digital dalam pemilu 2019 yang dituangkan kedalam foto dan vlog. Kegiatan ini menarik sebagai bentuk rekam digital hak politik masyarakat dan diharapkan memberikan suatu energi baru bahwa hak suara anda merupakan sumbangsih besar dalam menentukan arah bangsa ini kedepannya.

Lomba ini dikhususkan bagi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pada TPS di Kabupaten Soppeng. ” Cuma pengambilan gambar baik foto/video dilakukan di luar TPS baik secara perorangan atau kelompok, agar proses pungut hitung oleh KPPS tidak terganggu,” jelas Herman Lilo, selaku ketua tim juri. “Jangan lupa tampilkan keunikan foto atau videonya, yang mendukung kearifan lokal, dan nilai-nilai demokrasi serta ajakan untuk memilih serta tidak boleh memunculkan simbol dukungan kepada kontestasi pemilu,” tambah bang Lilo.

Dalam rapat teknis di warkop Kopites jln. Bayangkara, Makassar. Tim juri bersepakat bahwa hanya foto/vlog yang diupload di media sosial facebook atau kanal youtube tanggal 17 April 2019 yang dinilai. Peserta diharapkan mencantumkan caption yang menarik, nomor TPS, nama Desa/Kelurahan, Kecamatan tempat mereka memilih. Jangan lupa di share untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya dan tag akun facebook/instagram/youtube KPU Soppeng beri hastag  #ayoketps #pemilu2019 #kpusoppeng.

Disediakan hadiah jutaan rupiah untuk Juara I, II, III dan favorit, totalnya Rp 12 juta. Penilaian berakhir tanggal 20 April 2019. Selanjutnya pemenang diumumkan beberapa hari setelah hari pemilihan melalui akun resmi facebook dan instagram KPU Soppeng dan segala keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Komentar

News Feed