oleh

Segini Jumlah “Susu” Dimusnahkan KPU Bantaeng

MATARAKYATMU | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng melakukan pemusnahan ribuan kertas Surat Suara (Susu) yang sudah tidak terpakai maupun rusak di halaman termasuk puluhan suarat suara yang sempat basah dampak dugaan kran air terbuka di Kantor KPU Bantaeng, Selasa malam, (16/4/2019).

Sebanyak 14.578 lembar surat suara dimusnahkan dengan cara membakar. Hal itu perlu dilakukan sebagai penanda ditertibkannya dokumen pendukung yang tidak bisa digunakan lagi.

Sekretaris KPU Bantaeng, Ishak mengatakan, jumlah surat suara yang dimusnahkan itu terbagi dalam lima kategori.

“Jumlah surat suara yang dimusnahkan adalah surat suara PPWP sebanyak 277 lembar, surat suara DPR 6.263 lembar, surat suara DPD 1.505 lembar, surat suara DPRD Provinsi sebanyak 2.448 lembar,” uacap Ishak.

Dia juga mengatakan bahwa selain PPWP,DPR RI, dan DPRD Provinsi,Ishak juga menyebutkan ribuan kertas surat suara yang rusak untuk sejumlah daerah pemilihan (dapil) di kabupaten Bantaeng

“Sementara untuk DPRD Kabupaten masing-masing Dapil Bantaeng 1 sebanyak 1.249 lembar, Dapil Bantaeng 2 sebanyak 1060 lembar, Dapil Bantaeng 3 sebanyak 1.398 lembar dan Dapil Bantaeng 4 sebanyak 378 lembar,” Pungkas Ishak.

Kasubag Hukum KPU Bantaeng, Mahbub Alimuhyar menegaskan bahwa yang dimusnahkan ini, sudah termasuk di dalamnya surat suara basah beberapa waktu lalu.

“Pemusnahan ini sudah masuk di dalamnya yang surat suara basah 62 lembar itu. Ini dimusnahkan juga,” kata Mahbub.

Senada dengan itu, Ketua KPU Bantaeng, Hamzar menyebut, pemusnahan ini merupakan atensi dari KPU RI.

“Pemusnahan surat suara ini adalah tindak lanjut dari surat jalan KPU RI, yang memerintahkan KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan pemusnahan sehari sebelum pelaksanaan Pemilu,” inbuhnya.

Sekedar diketahui turut hadir dalam acara pemusnahan surat suara ini Bupati Bantaeng yang diwakili oleh Sekda Bantaeng, abdul Wahab; Kapolres Bantaeng, AKBP Adip Rojikan; Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Kav Nanang Siswoko; Kajari Bantaeng yang diwakili Kasi Intel, Budi Setyawan, Ketua Bawaslu Bantaeng Muhammad Saleh. (Alimin)

Komentar

News Feed