oleh

Tengah Malam, Warga Pongkeru Di Buat Panik Akibat Luapan Air Setinggi 1 Meter

LUWU TIMUR || Warga Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, dibuat panik akibat air yang tiba tiba menggenangi halaman dan rumah warga disaat semua orang terlelap tidur. Luapan air sungai yang dimulai sejak Pukul 03.00 pagi dini hari tadi sempat membuat warga khawatir.

Pantauan media, Luapan air terjadi di sungai Pongkeru dan sungai Labose ini diperkirakan sejak tengah malam tadi, diakibatkan intensitas hujan yang cukup tinggi selama 2 minggu terakhir di Kecamatan Malili.

Tampak Jalan poros Desa pongkeru Yang Digenangi Air

Banjir yang yang menggenangi 2 (dua) Desa tersebut mencapai ketinggian kurang lebih 2 meter serta menghambat arus lalu lintas jalan poros trans Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Terlihat di lokasi kejadian satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan TNI tengah mengatur lajunya arus lalu lintas di jalur trans sulawesi yang berada di Desa Laskap, Dusun Labose.

Plt. Kepala Desa Pongkeru, Jamal saat di konfirmasi kondisi terakhir di Desa Pongkeru mengatakan, saat ini air sudah mulai surut, tetapi kami mengantisipasi luapan air susulan yang bisa saja terjadi nanti malam.

“Pemerintah Desa akan segera menyurat ke Bupati Luwu Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) agar segera menyiapkan Posko emergency di Desa Pongkeru, untuk mengantisipasi dampak dari luapan air susulan yang bisa terjadi malam nanti, terkait korban dan kerugian yang ada, untuk sementara kami inventarisir bersama kepala dusun,” Ungkap Jamal.

Lebih lanjut untuk Desa Pongkeru, Dusun Kawasule dan Desa Laskap, Dusun Labose mengalami kerugian yang tidak sedikit, diperkirakan jumlah kerugian mencapai ratusan juta rupiah, di karenakan puluhan hektar sawah yang siap panen ikut terendam banjir.

Liputan : Nur Alam | Editor : Arif Tella

Komentar

News Feed