oleh

Hebat! Palopo Miliki Mall Pelayanan Publik Pertama Di Sulsel

MATARAKYATMU | Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST resmi mengoperasikan Mall Pelayanan Publik Pemkot Palopo, Kamis 2 Mei 2019.

Kedatangan Wagub dalam rangka menghadiri launching MPP Di DPMPTDP. hadir pula Asisten Deputi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI), Damayani TyasTiyanti.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST meresmikan Launching MPP disambut langsung Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir di Pelataran Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palopo, Kamis 2 Mei 2019.

Kepala DMPTSP Kota Palopo, Farid Kasim JS, SH,.M.Si dalam laporannya berharap selalu mendapatkan dukungan agar penyelenggaraan pelayanan publik bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Seiring dengan momentum Hardiknas, diadakan pula launching MPP pertama di Sulawesi Selatan” ungkapnya.

Lanjut Farid menjelaskan, ini merupakan sebuah spirit baru di Sulawesi Selatan. Kedepan MPP di Kota Palopo tidak hanya sampai disini, karena Pemerintah Kota Palopo, dalam hal ini walikota terus memberikan dukungannya.

“Tahun depan akan melaunching MPP plus di Palopo, sudah dirancang namun belum bisa menyampaikan secara detail”.

Kemudian dilakukan penandatanganan “Nota Kesepahaman” Kementerian Lembaga dan Instansi Vertikal dengan Pemerintah Kota Palopo.

Mall Pelayanan Publik (MPP) Palopo Pertama Di Indonesia Timur.
Pemerintah Kota Palopo khususnya DPMPTSP Palopo, menggelar kegiatan Lounching MPP Palopo , hal ini untuk mendorong penerapan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat Palopo, yang berbasis digital, seiring meningkatnya pemanfaatan teknologi oleh masyarakat.

Merespons kondisi ini, DPMPTSP Palopo, mengupayakan maksimal seluruh potensi yang ada, semua aparat Pemkot Palopo harus bisa beradaptasi, agar bisa menjawab tantangan zaman yang kini sudah serba digital.

Sambutan Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir menyampaikan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi tuntutan yang selalu disuarakan oleh berbagai kalangan, baik itu kalangan dunia usaha maupun masyarakat.

“Pelayanan yang dapat memuaskan dan memenuhi harapan pencari layanan menjadi alasan rasional yang selalu dikedepankan dan menjadi tuntutan untuk segera direspon” jelas Judas.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, diperlukan upaya pembinaan aparatur pemerintah daerah, sehingga dapat bekerja secara profesional yang pada akhirnya dapat melaksanakan manajemen pelayanan umum secara efektif, efisien dan akuntabel.

“Hal ini kemudian yang mendorong pemerintah Kota Palopo untuk terus mengupayakan inovasi terhadap pelayanan publik yang ada sebagai wujud kehadiran Pemerintah ditengah keluhan masyarakat” tandasnya.

Diakui Judas, pembentukan Mall Pelayanan Publik menjadi salah satu jalan keluar dari permasalahan pelayanan publik yang ada. Pada prinsipnya, MPP ini mengintegrasikan semua pelayanan publik, baik itu pelayanan pusat, provinsi, Kabupaten, BUMN/BUMD dan pihak swasta.

“Saya berharap MPP ini mampu menjawab pesimisme masyarakat Kota Palopo terhadap kualitas pelayanan publik pemerintah.” Harapnya.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI), Damayani TyasTiyanti M.Q.M mengungkapkan dengan hadirnya MPP pelayanan dapat lebihcepat lagi, lebih mudah, dan lebih nyaman.

“Dibidang layanan publik harus siap sedia melayani masyarakat. Hal ini di tanamkan dalam diri kita masing-masing”.

Menurutnya, MPP di tawarkan sebagai solusi sebagai pelayanan terpadu. Sebagaimana konsep mall untuk memenuhi semua kebutuhan kita, semua Pelayanan Publik di tempatkan satu tempat sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan.

Hadirnya MPP juga merupakan alternatif mengakomodir kearifan. Dan Hadirnya MPP Tidak serta Merta menghapus peran DPMTSP tetapi diperbesar layanannya.

“Pembentukan MPP bukan hal yg mudah, butuh komitmen yang kuat untuk mewujudkan hal tersebut. Bukan hanya instansi Khusus, tetapi juga instansi vertikal, BUMN dan BUMD”.

Ditambahkannya, namun demikian ada hal yang sulit pula yaitu bgmn mempertahankan eksistensi mall itu sendiri, dan bagaimana meningkatkan layanannya kepada masyarakat lebih ditingkatkan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST menyampaikan inilah sebenarnya yang semakin berkembang dan semakin maju di bawah kepemimpinan bapak Presiden Joko Widodo banyak sekali perubahan-perubahan.

“sekarang mungkin memang waktunya untuk bagaimana kalau bisa dipermudah masyarakat kita, kenapa dipersulit meskipun bisa di mudahkan”.

Di Kota Palopo juga dikenal sebagai kota pusat pertumbuhan mungkin salah satu di Luwu raya ini Palopo, karena pertama posisinya sangat strategis yang kedua adalah di sini banyak sekali sebagai kampung pendidikan.

“Jadi dengan adanya pelayanan seperti ini masyarakat kita tentunya sangat salah satu kehadiran kita ASN dan aparatur negara untuk membantu daripada hadirnya pelayanan publik ini” tutupnya.

Launching MPP di tandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI), Walikota Palopo, Forkopimda, serta Kepala DPMPTSP dilanjutkan pengguntingan pita.

Usai launching, dilanjutkan santap siang bersama di Kambo Highland Kota Palopo. Dan setelah itu, Wakil Gubernur melanjutkan perjalanan ke Luwu Timur.

Wakil Gubernur yang didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan ,Ny,Hj. Naoemi Octarina, serta turut hadir dalam acara launching MPP diantaranya Wakil Walikota Palopo, Ir.H. Rahmat Masri Bandaso, Unsur Forkopimda, para pimpinan Perangkat Daerah se-Kota Palopo beserta jajaran DPMPTSP. Pada kesempatan Launching MPP Palopo ini, peliputan dikoordinir langsung Kabag Humas Setda Kota Palopo, Eka Sukmawati.

Komentar

News Feed