oleh

PT. Vale Indonesia Launching Program Pengembangan Masyarakat Berbasis Kawasan

Matarakyatmu.com || PT. Vale Indonesia (PT.VI) menggelar Malam Ramah tamah dan Gala Dinner, dalam rangka peluncuran Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT.Vale, Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), bertempat di Taman Antar Bangsa (TAB), Sorowako, Jum’at malam, 03 Mei 2019.

Hadir dalam Gala Dinner tersebut diantaranya, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Luwu Timur, Ir. H.M. Thorig Husler, Wabub Lutim, Ir. Irwan Bachri Syam, Direktur Pembangunan Ekonomi Perdesaan Kemendes, Luthfi Latief, Kementerian ESDM, manajemen PT. Vale, Direktur Operasional Services, Vinicius Mendez Fereira, Direktur Support dan Site Service, Agus Superiadi, serta jajaran Forkopinda Pemda Luwu Timur.

Malam Ramah Tamah dan Gala Dinner Launching PPM-PKPM PT. Vale di Taman Antar Bangsa, Sorowako

Sebelumnya, Launching program yang telah dilakukan pagi tadi, disaat perayaan HUT Ke-16 Kabupaten Luwu Timur, kemudian dirangkaikan dengan penandatanganan perdana Program Pengembangan Masyarakat PT. Vale dalam hal Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri, bersama Wagub Sulsel, Manajemen PT. Vale, dan Kementerian Perdesaan, di Malili, Jum’at pagi (03/05/19)

Direktur Support & Site Service PT. Vale Indonesia, Agus Superiadi saat memberikan sambutan mengatakan, “Program ini terjalin atas kerjasama semua pihak, khususnya Pemda Lutim, Pemprov Sulsel, Tokoh masyarakat serta para stakeholder yang berperan serta dalam Program Pengembangan Masyarakat di daerah pemberdayaan PT.Vale,” Ungkap Agus Superiadi disela sela sambutan.

“Ini merupakan program yang dapat menjadi pioner Sustainable Development, atau pembangunan yang berkelanjutan, dimana titik intervensi program berada pada desa yang mempunyai potensi untuk dikembangkan, serta di sinergikan dalam kawasan yang punya keterkaitan dengan potensi yang ada di masing masing desa daerah pemberdayaan PT.Vale,” jelas Agus.

Penyerahan RKPD PPM-PKPM oleh Ketua Tim Koordinasi Kabupaten, Irwan Bachri syam, Kepada Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PT. Vale Indonesia selama beroperasi di Kabupaten Luwu Timur.

“Dengan bersinergi kita bisa menjadi lebih baik lagi, PPM PKPM PT. Vale ini merupakan wujud nyata dari transformasi dana Community Social Responsible (CSR) yang selama ini telah di lakukan PT. Vale, dan sekarang dengan bantuan beberapa kementerian, khususnya Kementerian Perdesaan, saya rasa program ini dapat terwujud dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” Ujar Andi Sudirman.

Gala dinner yang juga dirangkaikan dengan Penganugerahan Program Mitra Desa Mandiri (PMDM) awards  2018, serta Launching Beras Organik oleh Asosiasi Petani Organik ke Koperasi PT. Vale disaksikan oleh tamu undangan, menjadi rangkaian acara penutup malam tadi.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, melalui Bupati, Ir. H.M Thorig Husler berharap program ini berjalan sesuai apa yang diharapkan, dan bukan hanya menjadi wacana saja.

Wagub Sulsel beserta Forkompinda Lutim melihat langsung hasil UMKM di daerah pemberdayaan PT. Vale

“Beberapa program yang sebelumnya telah dilakukan oleh PT. Vale belum terlalu menyentuh masyarakat. Harapan kita nantinya program ini berjalan sesuai dengan Rencana Pengembangan Kawasan Pedesaan (RPKP), dan dilakukan secara partisipatif dari hulu ke hilir,” ujar orang nomor satu di Luwu Timur ini.

Lanjut dikatakan Husler, “Nantinya program ini dapat menjadi Legacy model program yang pertama di lakukan di Sulawesi Selatan, yaitu 10 Kawasan Pedesaan yang berada di daerah pemberdayaan PT. Vale menjadi percontohan ke beberapa daerah di Sulsel. kita berharap ini bisa menjadi tolak ukur kedepan, dan menjadikan Kabupaten Luwu Timur Terkemuka di tahun 2021,” harap Husler.

Liputan : Redaksi | Editor : Arif Tella

Komentar

News Feed