oleh

Begini Penjelasan Polisi Soal Pencekalan Kivlan Zen

MATARAKYATMU | Pihak kepolisian membenarkan Kivlan Zen dalam status Cekal dan akan diperiksa Senin (13/5) berkaitan penyebaran berita hoax dan dugaan makar. Bersangkutan bukan ditangkap saat tengah berada di bandara Soetta tapi diberi surat pemanggilan pemeriksaan oleh Bareskrim Mabes Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan Bareskrim Mabes Polri hanya melakukan aktivitas memberikan surat panggilan pada Kivlan Zen.

Argo juga menjelaskan selain diberi surat pemanggilan yang dijadwalkan terjadi pada hari Senin pekan depan, Kivlan juga telah dicekal untuk pergi ke luar negeri. “Pemeriksaan nanti Senin. Pak Kivlan sudah dicekal dan diberi surat pencekalan,” ucap Argo.

Pihak kepolisian menyebut Kivlan Zen tidak ditangkap saat tengah berada di bandara dan diberi surat pemanggilan pemeriksaan oleh Bareskrim Mabes Polri.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan Bareskrim Mabes Polri melakukan aktivitas memberikan surat panggilan pada Kivlan Zen.

Argo menjelaskan selain diberi surat pemanggilan yang dijadwalkan terjadi pada hari Senin pekan depan, Kivlan juga telah dicekal untuk pergi ke luar negeri. “Pemeriksaan nanti Senin. Pak Kivlan sudah dicekal dan diberi surat pencekalan,” ucap Argo.

Hingga saat ini belum diketahui apa status pensiunan TNI dengan pangkat terakhir mayor jenderal tersebut, dan apakah yang bersangkutan tetap terbang atau tidak.

Kivlan dijadwalkan dipanggil polisi Senin (13/5). Surat panggilan diserahkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Gate 22, tepat sebelum Kivlan naik pesawat.

Laporan atas Kivlan terdaftar dengan nomor LP/B/0442/V/2019/Bareskrim. Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana penyebaran berita bohong (hoax) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15 terhadap keamanan negara/makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 juncto Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis juncto Pasal 107.

Komentar

News Feed