oleh

Duh,Tim Asistensi Hukum Dinilai Pelaku Makar Konstitusi

MAYARAKYATMU | Tim asistensi Hukum bentukan Wiranto, Menkopolhukam dinilai Koordinator Juru Bicara BPN Danhil A.Simanjuntak sebagai pelaku makar konstitusi.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, menilai, tim asistensi hukum bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto berpotensi menjadi ancam serius bagi demokrasi Indonesia.

Mantan Ketum Pemuda Muhammadiyah ini bahkan bahkan menyebut tim pemantau ucapan para tokoh itu menjadi pembentukan lembaga sebagai pelengkap kecurangan Pemilu yang menurut dia terjadi saat ini.

Dahnil menyebut, tugas tim asistensi hukum dengan jelas melanggar hak berserikat dan menyampaikan pendapat di muka umum. Padahal kata dia, hak-hak tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan menjadi hak seluruh rakyat Indonesia. 

Dahnil menyatakan, lembaga yang telah mulai efektif bekerja per Kamis (10/5) pekan lalu itu adalah lembaga yang jelas-jelas melakukan makar pada konstitusi dasar negara.

Lantaran, lanjut Danhil, lembaga itu secara terang-terangan telah melanggar hak dasar warga negara yakni hak mengeluarkan pendapat dan hak berserikat.

Tim Asistensi Hukum bentukan Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengklaim sudah mulai mengkaji pernyataan sejumlah tokoh yang diduga melanggar hukum usai gelaran Pemilu 2019. 

Laporan : Irjan Hendra Rongrong (Jakarta)

Komentar

News Feed