oleh

Reaksi Atas Pengusiran Jurnalis, Begini Penjelasan Kapolda Sulsel

MATARAKYATMU | Peristiwa pengusiran terhadap sejumlah wartawan yang menghadiri acara buka puasa bersama Polda Sulsel di halaman Rujab Kapolda Sulsel Jln Letjen Mappaoddang, Makassar pada Kamis (16/05/2019) petang, tampaknya bakal berbuntut panjang.

Pasalnya, tindakan yang dinilai sebagai suatu bentuk pelecehan kepada profesi wartawan itu, kini mengundang sorotan dan kecaman tajam dari kalangan jurnalis di daerah ini, baik tanggapan perseorangan maupun yang mengatas namakan organisasi pers.

Komentar miring atas kejadian aksi pengusiran beberapa jurnalis saat agenda buka puasa di Rujab Kapolda Sulsel ini, salah satunya datang dari Ketua DPW Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Sulsel, Rifai Manangkasi dalam siaran persnya yang diterima media ini Jumat (17/05/2019) malam tadi.

Menurutnya, jika betul aksi pengusiran tersebut terjadi, ini membuktikan masih ada oknum polisi yang tidak mampu menghadirkan sikap populis dan sikap simpati kepada masyarakat, khususnya bagi kalangan jurnalis selaku mitra Kepolisian.

“Kapolda Sulsel diharapkan bisa menanamkan karakter familiar terhadap anak buahnya dalam berinteraksi dengan jurnalis,” ujar mantan Wakil Ketua PWI Sulsel ini.

Lanjut dikatakan, Jenderal Hamidin harus dapat menjelaskan kronologis kejadian tersebut agar dapat menghilang kesan negatif atas kehadiran jurnalis di kegiatan buka puasa bersama tersebut.

“Kita bukan anti kritik. Jika ada aksi tak terpuji yang ditunjukkan adik-adik kami di kegiatan tersebut, kami harap tak menimbulkan reaksi berlebihan,” tandas Rifai.

Menyikapi peristiwa pengusiran sejumlah wartawan ini, Kapolda Sulsel melaalui Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky SondaniĀ  yang dikonfirmasi salah satu media via WhatsApp Jumat (17/05/2019) mengungkapkan, acara buka puasa bersama dengan Kapolda Sulsel itu merupakan acara internal.

Menurut Dicky, nanti akan ada acara buka puasa bersama khusus dengan mengundang awak media. “Itu acara internal saja. Untuk acara buka puasa bersama dengan media nanti akan diacarakan oleh Kapolda,” katanya.

Meski demikian, tambah Dicky, pihaknya akan mengevaluasi atas tindakan salah satu oknum yang dinilai telah bersikap merendahkan wartawan. “Nanti kita evaluasi,” pungkasnya. (*)

Komentar

News Feed