oleh

Menang, Saksi Pasangan Prabowo-Sandi Tolak Teken

MATARAKYATMU | Rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2019 di KPU RI untuk wilayah Sulawesi Selatan, ditetapkan pasangan Prabowo-Sandi menang atas pasangan Jokow-Amin.

Walau demikian, pasangan calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menolak menandatangani hasil rekapitulasi suara yang sudah rampung di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Meski dinyatakan menang dengan 2.809.393 suara namun saksi yang hadir dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menolak tanda tangan saat rapat pleno. 

Adapun perolehan dari Jokowi-Ma’ruf Amin sebanyak 2.117.591 suara. 

“Mohon maaf pimpinan, kami tak akan menandatangani hasil pilpres,” kata Aziz Subekti selaku saksi dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi saat rapat pleno rekapitulasi di kantor KPU, Jakarta, Minggu 19 Mei 2019.

Dijelaskan Aziz, alasan dirinya menolak hasil rekapitulasi itu. Ia menyebut, dalam sistem penghitungan dan rekapitulasi di Provinsi Sulawesi Selatan terdapat hal yang janggal.

Selain itu, terdapat temuan penggunaan formulir C6 yakni surat pemberitahuan undangan pemungutan suara kepada pemilih yang disebut telah disalahgunakan.

Komentar

News Feed