oleh

Inilah Program Anyar Pemkab Bantaeng

MATARAKYATMU -Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Bantaeng yakni Jaminan Ketersediaan Pupuk dan Benih serta Asuransi Pertanian terus diupayakan untuk dimaksimalkan realisasinya. Untuk itu Pemkab Bantaeng menggandeng PT Jasindo (Jasa Asuransi Indonesia) dalam mengawal program itu.

Terbukti dilaksanakannya penanda tanganan MoU (Memorandum of Ourstanding) dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Rabu siang (19/06/19).

Penanda tanganan dilakukan Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin dengan Kepala Kantor Cabang Makassar PT Jasindo, Yoshika Lesmana, masing-masing untuk MoU tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, PKS tentang Asuransi Usaha Tani (AUTP) dan PKS tentang Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

Bupati Bantaeng mengatakan bahwa asuransi ini ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang bisa timbul di kalangan petani dan peternak bilamana mengalami kegagalan panen ataupun kerugian dari hasil panen dan juga ternaknya.

“Asuransi pertanian dan asuransi ternak kita hadirkan untuk menjadi bagian penyelesaian permasalahan keluarga kita di sektor pertanian dan peternakan”, jelasnya.

Ditambahkan jika Bantaeng merupakan daerah dengan jumlah masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani dan peternak masih tinggi dibanding profesi lainnya. Sehingga perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah.

“80 persen masyarakat Bantaeng menggantungkan nasibnga di sektor pertanian dan peternakan”, ungkapnya.

Karenanya Bupati Bantaeng sejak awal bersama dengan pasangannya H Sahabuddin selaku Wakil Bupati Bantaeng merumuskan asuransi pertanian dalam Visi dan Misinya yang kemudian dimasukkan kedalam RPJMD Pemkab Bantaeng.

Sementara itu, Yoshika Lesmana dalam sambutan singkatnya menjelaskan bahwa Jasindo sebagai BUMN ditunjuk Pemerintah dalam melaksanakan jasa asuransi baik AUTS maupun AUTP.

Dia berharap program yang lahir dari Bantaeng ini dapat diikuti pula daerah lain, khususnya Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel).

“Mudah-mudahan kedepannya dapat didikuti Kabupaten lain di SulSel”, harap dia.

Di hadapan Bupati Bantaeng serta para Kepala OPD dan Camat yang hadir, dirinya meyakinkan jika Jasindo siap mengawal program Pemkab Bantaeng untuk bisa memberikan perlindungan kepada petani maupun pengembang sapi jika terjadi kerugian melalui klaim.

Laporan : Alimin Ds (Bantaeng)

Komentar

News Feed